Angkringan Senja Gurau Bantul: Kolaborasi Karang Taruna dan Warga Tlogo untuk Tingkatkan Ekonomi Lokal

  • Whatsapp
Angkringan Senja Gurau
Suasana setelah mahrib di deretan gubuk angkringan Senja Gurau (Foto: Dok. Setyo)

BacaJogja — Angkringan Senja Gurau, salah satu spot angkringan yang cocok untuk melepas penat sembari menikmati suasana sore hari. Sesuai dengan namanya, angkringan ini tidak hanya sekadar tempat makan, tetapi juga menyediakan spot yang ideal untuk menikmati keindahan senja sambil bergurau bersama teman, pasangan, ataupun keluarga.

Angkringan ini terletak di Tlogo, Tamantirto, Kabupaten Bantul. Lokasinya sangat strategis karena dikelilingi oleh banyak kampus. Posisi ini memberikan keuntungan besar karena kawasan tersebut padat dengan aktivitas mahasiswa. Dengan demikian, peluang untuk menarik pengunjung, terutama mahasiswa, sangat besar.

Read More

Umroh liburan

Baca Juga: Pengembangan Kawasan Budaya Yogyakarta Selatan: TBEG dan Strategi Meningkatkan Ekonomi Lokal

Mahasiswa dikenal dengan gaya hidup yang aktif dan sibuk, sehingga angkringan seperti ini menjadi pilihan favorit mereka untuk melepas penat, berkumpul dengan teman-teman, menikmati suasana santai sambil mengisi perut dengan makanan sederhana ala angkringan.

Hal yang membuatnya berbeda, angkringan ini merupakan hasil inisiatif dari Karang Taruna dan masyarakat setempat sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi dan sosial di desa. Angkringan Senja Gurau tidak hanya bertujuan untuk menciptakan tempat bersantai, tetapi juga untuk memberdayakan warga sekitar.

Angkringan Senja Gurau Bantul
Suasana pengunjung angkringan senja gurau, sepanjang pinggiran sawah.
(Foto: Dok. Kempo)

Melalui angkringan ini, Karang Taruna dan masyarakat setempat dapat menciptakan lapangan kerja baru. Para pemuda-pemudi bekerja sebagai pelayan, sedangkan warga menyediakan menu-menu makanan.

Baca Juga: Tragis! Mobil Box Tabrak Pohon di Gunungkidul, Satu Orang Meninggal Dunia

“Iya, makanya (kaget), kukira ini tuh bisnis angkringan perorangan atau pribadi gitu, ternyata yang bikin Karang Taruna sama warga sini. Tempatnya bagus juga, ada pondok-pondok sawah gitu, nggak cuma tikar di samping-samping ini. Keren, keren, Karang Taruna-nya kreatif,” ungkap Dafa Roihan, seorang mahasiswa yang menjadi pengunjung Senja Gurau.

Dengan kolaborasi seperti ini, kedua pihak (Karang Taruna dan masyarakat) sama-sama mendapatkan manfaatnya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Baca Juga: Festival Langensekar: Kolaborasi UWM dan Dinas Kebudayaan Yogyakarta Jaga Warisan Budaya Jawa untuk Generasi Muda

Angkringan Senja Gurau tidak hanya menjadi tempat favorit untuk bersantai, tetapi juga mencerminkan keberhasilan kolaborasi antara Karang Taruna dan masyarakat dalam membangun usaha yang bermanfaat.

Dampak positif terhadap ekonomi lokal dan pemberdayaan warga menjadikan angkringan ini bukti bahwa kerjasama dan inovasi komunitas dapat menciptakan perubahan nyata yang membawa manfaat jangka panjang bagi semua pihak. []

Artikel kiriman Dava Putra Anandya, Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Related posts