Beli Solar dan Pertalite di Kota Yogyakarta Wajib Pakai MyPertamina, Begini Caranya

  • Whatsapp
ilustrasi SPBU
ilustrasi SPBU. (Foto: Tribun)

BacaJogja – Kota Yogyakarta menjadi satu dari 10 kabupaten/kota yang dijadikan uji coba pembelian solar dan pertalite dengan menggunakan aplikasi MyPertamina. Uji coba diberlakukan pada 1 Juli 2022 mendatang.

Terkait uji coba ini, Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga mulai melakukan pendataan kendaraan roda empat dan roda lebih dari empat sebagai penerima bahan bakar minyak (BBM) subsidi maupun penugasan, yaitu Solar dan Pertalite melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

Read More

Baca Juga: Polda DIY Bongkar Penimbun BBM Bersubsidi di Sleman

Hal itu untuk melakukan pendataan kendaraan, bukan transaksi melalui aplikasi MyPertamina saat beli BBM di SPBU. “Website subsiditepat.mypertamina.id ini per 1 Juli digunakan untuk melakukan pendataan kendaraan. Sehingga bukan untuk transaksi melalui aplikasi MyPertamina,” kata Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho dalam siaran pers, Selasa, 28 Juni 2022.

Untuk itu, kata dia, masyarakat tidak perlu khawatir jika belum memiliki aplikasi MyPertamina. Pasalnya saat ini yang perlu dilakukan hanya mendaftarkan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id. “Pendaftaran tersebut untuk mendapatkan QR Code khusus yang akan digunakan pada saat pembelian produk Pertalite dan Solar di SPBU Kota Yogyakarta,” kata Brasto.

Baca Juga: Padat Karya 215 Lokasi di Bantul, Ribuan Tenaga Kerja Terserap

Dia mengatakan, QR Code tersebut akan diperoleh setelah data kendaraan yang didaftarkan sudah terkonfirmasi cocok dan sesuai untuk membeli produk subsidi Solar maupun penugasan Pertalite.

Brasto menekankan pendaftaran kendaraan melalui website ini dapat dilakukan di mana saja melalui komputer, laptop, atau handphone. “Bisa di mana saja, terlebih dahulu menyiapkan foto diri, KTP, STNK, foto kendaraan, dan foto nomor polisi kendaraan yang akan diunggah di website subsiditepat.mypertamina.id,” ujarnya.

Baca Juga: Daop 6 Yogyakarta Bantu Rp300Juta kepada Pembudi Daya Ikan di Sleman

Dia mengatakan, untuk pembayaran di SPBU dapat menggunakan mekanisme tunai, kartu kredit/debit, atau mekanisme pembayaran non tunai, termasuk dengan aplikasi MyPertamina. Jika warga membutuhkan informasi dan memiliki pertanyaan terkait pendaftaran dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Seperti diberitakan, mengutip dari laman resmi MyPertamina, uji coba dilakukan di 11 kabupaten dan kota yang tersebar di lima provinsi, yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Total ada 11 daerah pada tahap I untuk uji coba beli Pertalite pakai MyPertamina per 1 Juli 2022. Berikut daftarnya:
1. Kota Bukit Tinggi
2. Kab. Agam
3. Kota Padang Panjang
4. Kab. Tanah Datar
5. Kota Banjarmasin
6. Kota Bandung
7. Kota Tasikmalaya
8. Kab. Ciamis
9. Kota Manado
10. Kota Yogyakarta
11. Kota Sukabumi. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *