Gempa M 2,6 Guncang Banjarnegara Akibat Sesar Lokal

  • Whatsapp
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi. (foto: Istimewa)

BacaJogja – Gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Batur dan Kepakisan, Banjarnegara, Jawa Tengah pada Sabtu 4 Februari 2023 pukul 19:22:17 WIB akibat Sesar Lokal.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter dengan magnitudo M2,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,18 LS ; 109,83 BT tepatnya di darat pada jarak 22 km arah BaratLaut Wonosobo -Jateng dengan kedalaman 7 kilometer.

Read More

Baca Juga: Gempa M2.5 Guncang Wonosobo Akibat Sesar Lokal

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

“Guncangan gempa dirasakan di daerah Batur dan Kepakisan, Banjarnegara II MMI. “Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda benda ringan yang digantung bergoyang,” katanya, Sabtu 4 Februari 2023 malam.

Baca Juga: Gempa M5,6 di Pacitan Jawa Timur Tidak Berpotensi Tsunami

Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa ini. “Sampai tadi malam pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa susulan,” imbuhnya.

Dia mentakan, BMKG merekomendasikan kepada warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca Juga: Gempa M5.9, Warga Yogyakarta Berhamburan Keluar Rumah

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” jelasnya. []

Related posts