Gempa M2.7 Guncang Dieng Wonosobo Akibat Sesar Lokal

  • Whatsapp
gempa dieng wonosobo
Gempa M2.7 Guncang Dieng Wonosobo Jawa Tengah. (Foto: BMKG)

BacaJogja – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitute 2.7 mengguncang wilayah Kepakisan dan Dieng Wonosobo, Jawa Tengah pada Jumat, 24 Maret 2023 pukul 20.36.83 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,19 LS ; 109,83 BT tepatnya di darat pada jarak 21 km arah Barat Laut Winosobo Jawa Tengah dengan kedalaman 9 kilometer.

Read More

Baca Juga: Gempa M5.2 Guncang Yogyakarta

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Batur, Dieng kepakisan, Sikunang Wonosobo II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga: Gempa M 2,6 Guncang Banjarnegara Akibat Sesar Lokal

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya dalam siaran pers, Jumat, 24 Maret 2023 malam.

Samapi pukul 20.57 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Baca Juga: 5 Menit, 6 Kali Gempa Guncang Pekalongan, Terasa di Dieng Wonosobo

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *