Gempa Tektonik M 4.5 Guncang Cilacap, Tak Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi. (foto: Istimewa)

BacaJogja – Gempa bumi berkekuatan magnitudo M 4.5 terjadi pada Jumat, 12 Mei 2023 pukul 04.56.39 WIB di wilayah Cilacap, Jawa Tengah. Episenter gempa terletak pada koordinat 8.41° LS ; 109.01° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 76 Km Tenggara Cilacap, Jawa Tengah, pada kedalaman 15 km.

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal. Gempa akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia menyusup lempeng Eurasia.

Read More

Baca Juga: Gempa Tektonik M6,9 di Laut Jawa Tidak Berpotensi Tsunami

Menurut dia, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Cilacap II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata dia, Jumat, 12 Mei 2023.

Sampai Jumat, 12 Mei 2023 pukul 05.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Baca Juga: Gempa M2.7 Guncang Dieng Wonosobo Akibat Sesar Lokal

BMKG merekomendasi kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Warga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *