Gempa M4.6 Terasa hingga Malang, Lumajang dan Trenggalek Jawa Timur

  • Whatsapp
gempa malang
Gempa berkekuatan M4.6 baru saja dirasakan warga Malang, Lumajang dan Trenggalek Jawa Timur. (Foto: BMKG)

BacaJogja – Gempa bumi terjadi pada Jumat, 23 Juni 2023 pukul 18.30.57 WIB wilayah Kabupaten Malang Jawa Timur dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter dengan magnitudo M4.6.

Episenter gempa terletak pada koordinat 9.13° LS; 112.64° BT tepatnya di laut pada jarak 110 km arah tenggara Kabupateng Malang dengan kedalaman 72 Kilometer.

Read More

Baca Juga: Gempa M4.0 di Bojonegoro dan Tuban Jatim akibat Sesar Lokal

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas pada zona subduksi,” kata Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, dalam siaran pers, Jumat, 23 Juni 2023.

Dia mengatakan, guncangan gempa ini dirasakan di daerah Malang I MMI (Getaran hampir tidak terasa). Lumajang, Trenggalek II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Lumajang, Trenggalek II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga: Gempa Tektonik M4.0 Guncang Bojonegoro dan Tuban Jawa Timur

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Sampai pukul 18.57 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa susulan atau aftershock,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: Penjelasan Resmi BMKG soal Gempa M6.0 di Selatan Jawa Yogyakarta

Warga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *