Menengok Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas Margoagung Seyegan Sleman

  • Whatsapp
Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas Margoagung Seyegan
Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas Margoagung Seyegan, Sleman, Yogyakarta (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Suasana terlihat meriah di Kalurahan Margoagung, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Jumat, 23 Juni 2023. Ya, saat itu sedangkan digelar kirab budaya dalam rangka Merti Desa Mbah Bregas di Lapangan Margoagung.

Sosok Mbah Bregas ini sudah diyakini turun temurun semenjak zaman sebelum Indonesia merdeka. Warga Kalurahan Lama Ngino sekarang Margoagung, mempercayai Mbah Bregas adalah sosok tokoh yang pantas diteladani. Mbah Bregas merupakan sosok penolong, pembimbing dan siar Islam bersama Sunan Kalijogo pada zamannya.

Read More

Baca Juga: Rangkaian Acara dan Rute Kirab Budaya Bedhol Projo Sidoarum Godean Sleman

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo secara simbolis melepas bregada dengan mengibarkan bendera start tanda dimulainya kirab budaya. Kirab budaya diikuti 11 Bregodo dari perwakilan dusun se-Kalurahan Margoagung dan 11 partisipan dengan total peserta 22 kelompok peserta kirab budaya.

Rangkaian upacara adat ini digelar selama tiga hari, dari tanggal 21-23 Juni 2023. Antara lai pengajian akbar, pentas jathilan, prosesi upacara adat penyiraman, ziarah kunir, pengambilan air kehidupan, kenduri, wayang dan kirab budaya.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Ada Kirab Budaya dan Larung Lampion di Festival Vanderwijck 2023

Kustini mengapresiasi acara ini termasuk antusiasme warga yang hadir. Ia mengajak warga Margoagung dan sekitarnya untuk memaknai nilai-nilai luhur dalam upacara adat ini serta bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan tanah yang subur dan air yang melimpah sehingga membawa kemakmuran warga.

“Saya mengajak masyarakat Kalurahan Margoagung dan sekitarnya untuk memaknai nilai-nilai luhur upacara adat ini. Saya juga mengajak masyarakat semua agar mensyukuri hasil panen, tanah subur dan sumber air yang melimpah pada tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga: Kirab Budaya Padukuhan Ambarrukmo, Melestarikan Budaya Keraton Yogyakarta

Menurut dia, Merti Desa Mbah Bregas ini menjadi sarana warga Kalurahan Margoagung melestarikan kebudayaan. Harapannya dapat menumbuhkan kesadaran generasi muda untuk melestarikan adat istiadat seni tradisi dan kebudayaan di Sleman. “Semoga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pariwisata di Kabupaten Sleman,” pintanya. []

Foto-Foto Merti Desa Mbah Bregas Margoagung

Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas Sleman
Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas Margoagung Seyegan, Sleman, Yogyakarta (Foto: Pemkab Sleman)

—000—

Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas Margoagung Sleman
Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas Margoagung Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

—000—

bupati sleman kustini
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo ikut Merti Desa Mbah Bregas Margoagung Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *