Warga Malang Jawa Timur Rasakan Gempa Tektonik M4,7

  • Whatsapp
gempa malang
Gempa berkekuatan magnitudo M4,7 dirasakan warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, 26 Juni 2023 pukul 08.16.15 WIB. (Foto: BMKG)

BacaJogja – Gempa bumi terjadi pada Senin, 26 Juni 2023 pukul 08.16.15 WIB dirasakan warga Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,7.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.87° LS; 112.46° BT tepatnya di laut pada jarak 82 kilometer arah barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 32 Km.

Read More

Baca Juga: Gempa M4.0 di Bojonegoro dan Tuban Jatim akibat Sesar Lokal

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Menurut dia, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Trenggalek, Gondanglegi, Kepanjen, Jember, Tulungagung, Malang II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Karangkates, Blitar III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas).

Baca Juga: Gempa Tektonik M4.0 Guncang Bojonegoro dan Tuban Jawa Timur

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” katanya dalam siaran pers, Senin, 26 Juni 2023.

Dia mengatakan, hingga Senin, 26 Juni 2023 pukul 08.33 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Baca Juga: Gempa M4.6 Terasa hingga Malang, Lumajang dan Trenggalek Jawa Timur

BMKG merekomendasikan kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ungkapnya.

Baca Juga: Penjelasan Resmi BMKG soal Gempa M6.0 di Selatan Jawa Yogyakarta

Sebelumnya, gempa bumi terjadi pada Jumat, 23 Juni 2023 pukul 18.30.57 WIB wilayah Kabupaten Malang Jawa Timur dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter dengan magnitudo M4.6.

Episenter gempa terletak pada koordinat 9.13° LS; 112.64° BT tepatnya di laut pada jarak 110 km arah tenggara Kabupateng Malang dengan kedalaman 72 Kilometer. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *