PLN Icon Plus Bangun PLTS Atap pada PMA Jepang PT AST Indonesia di Semarang

  • Whatsapp
PLN - AST Semarang
Penandatanganan kerja sama antara PLN Icon Plus dengan PT AST Indonesia pada Selasa, 26 September 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Tengah akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap atau PV Rooftop berkapasitas 1,9 MegaWattpeak (MWp) untuk PT AST Indonesia. PLTS Atap ini menjadi yang pertama dan terbesar di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pembangunan ini diawali dengan penandatanganan kerja sama antara PLN Icon Plus dengan PT AST Indonesia pada Selasa, 26 September 2023 di Semarang. PT AST Indonesia merupakan perusahaan penamanan modal asing (PMA) Jepang yang bergerak di bidang Music Instruments dan Wooden Product, WoodWorking Manufacturing.

Read More

Baca Juga: Arcandra Tahar Terbitkan Buku tentang Energi Nasional dan Global “Public Interest in Energy Sector”

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, kerja sama ini merupakan komitmen bersama untuk mendukung green energy. Diharapkan hal ini menjadi langkah konkrrt dalam mendukung pengurangan emisi karbon dan polusi udara.

Menurut dia, dunia industri seperti PT AST Indonesia dan juga PLN Icon Plus sebagai bagian dari PLN Group bersama meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan. “Ini sebagai upaya penurunan polusi udara yang disebabkan adanya aktivitas industri,” kata Ari.

Baca Juga: Kurangi Penggunaan BBM Energi Fosil, UGM Luncurkan Bus Trans Gadjah Mada

Ari mengatakan, PLTS Atap direncanakan mulai beroperasi secara penuh pada Januari 2024. PLTS Atap yang dibangun di dua lokasi dari PT. AST Indonesia ini menjadi yang terbesar dan pertama di Kota Semarang.

Pada yang sama, Presiden Direktur PT AST Indonesia, Hiroyuki Miyazaki, mengapresiasi PLN yang begitu cepat memproses permohonan perizinan. Dia pun berharap tahapan pekerjaan berjalan ini akan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

Dia mengakui, sebelumnya PT AST Indonesia sempat terkendala dalam implementasi PLTS Atap ini. “Kini dengan hadirnya Tim PLN Icon Plus, implementasi ini dapat berjalan,” pintanya.

Baca Juga: Gasblock, Ikon Terkini Desa Energi di Balkondes PGN Karangrejo

Penandatanganan dilakukan oleh Senior Manager PLN Icon Plus Regional Jawa Bagian Tengah, Deri Prasetio Utomo dengan Presiden Direktur PT AST Indonesia, Hiroyuki Miyazaki. Hadir dalam kesempatan ini Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, GM PLN UID Jawa Tengah & DIY, M. Soffin Hadi yang diwakili Manajer PLN UP3 Semarang, Suparje Wardiyono.

Harapannya, dari kesepakatan kerja sama instalasi PLTS Atap di PT. AST Indonesia ini, juga akan diikuti industri lain di Jawa Tengah dan DIY bahkan di seluruh Indonesia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *