Kronologi Kecelakaan KA Argo Wilis dan Argo Semeru di Kulon Progo

  • Whatsapp
kecelakaan kereta
Lokasi kecelakaan KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di wilayah Kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa, 17 Oktober 2023. (Foto; Polres Kulon Progo)

BacaJogja – Kecelakaan dua kereta api, yakni KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis terjadi di wilayah Kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa, 17 Oktober 2023.

Insiden ini bermula saat KA Argo Semeru jurusan Surabaya -Jakarta anjlok dari rel. Tak lama berselang Kereta Argo Wilis tujuan Bandung-Surabaya melewati lokasi kemudian menyerempet kereta yang terhenti karena anjlok tersebut.

Read More

Baca Juga: Pelajar Meninggal Mengenaskan Tertabrak Kereta Api di Kulon Progo

Kronologi kejadian bermula sekkitar pukul 13.20 WIB warga mendengar adanya suara KA Argo Semeru yang melintas. Beberapa saat mendengar suara yang keras dan melihat kereta tersebut tergelincir dari jalan jalur rel. Gerbong kereta tersebut terlihat keluar dari rel.

Pada pukul 13.23 WIB KA Argowilis melintas dari arah barat. Karena mengingat jarak yang sudah sangat dekat kecelakaan dua kereta api tidak bisa dihindarkan.

Pada saat kejadian, Argo Semeru mengangkut penumpang 472 orang. Sedangkan KA Argo Wilis membawa penumpang 288 orang.

Baca Juga: Enam Perjalanan KA Terlambat Dampak Kecelakaan Lodaya vs Truk di Sleman

Sementara itu Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., yang meninjau lokasi memberikan arahan kepada seluruh stake holder yang siaga di Posko Stasiun Kalimenur, agar memastikan data korban penumpang kereta. Kapolda memerintahkan agar upayakan segera evakuasi kereta yang mengalami laka agar arus segera normal.

Polri dan KAI segera mendalami penyebab sebenarnya insiden tersebut untuk mencegah terulang kejadian seperti ini dimasa yang akan datang. “Pastikan juga apakah ada korban diluar penumpang atau tidak dan selalu tempatkan anggota untuk amankan lokasi, pastikan keselamatan orang yang paling diutamakan,” kata Kapolda DIY dalam siaran pers, Selasa, 17 Oktober 2023.

Baca Juga: Truk Mogok Tersambar Kereta Api di Perlintasan Gamping Sleman

Dalam kejadian tersebut, untuk para penumpang sudah dilakukan evakuasi dengan menggunakan kereta bandara ke Stasiun Wates pada pukul 15.00 WIB dan 16.00 WIB. Saat ini evakuasi kedua kereta api masih terus dilakukan dengan menunggu alat dari PT KAI.

Sementara itu Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati S.I.K M.H mengatakan bahwa Jumlah korban kecelakaan ini 31 dengan keterangan luka ringan 28 dilakukan perawatan di lokasi sedangkan tiga orang dirujuk ke RS Queen Latifah. “Masing-masing satu rawat inap dan dua orang sudah diperbolehkan pulang,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *