Cara Cepat Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

  • Whatsapp
demam tinggi anak
Ilustrasi anak demam tinggi. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Demam tinggi pada anak tentu membuat para orang tua khawatir. Apalagi, informasi terkini menunjukkan banyak produk penurun demam anak yang terkontaminasi bahan berbahaya. Faktanya, demam pada anak tidak selalu berbahaya.

Ini mungkin merupakan cara alami sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang mencoba menyerang tubuh. Namun, ada beberapa cara alami mengatasi demam pada anak yang bisa kita coba di rumah. Suhu tubuh normal pada anak adalah 36,5 sampai 37,5 derajat celcius, bila suhu tubuh anak lebih dari 38 derajat celcius maka dapat dikatakan anak sedang demam dan memerlukan pengobatan.

Read More

Demam terjadi sebagai reaksi sistem imun tubuh terhadap virus, bakteri, jamur atau parasit penyebab penyakit tertentu. Demam pada anak bisa terjadi karena perubahan cuaca atau paparan suhu yang terlalu tinggi.

Baca Juga: Tiga Manfaat Daun Pepaya, Bisa untuk Obat Demam Berdarah

Mandi air panas adalah salah satu cara menurunkan demam anak yang paling sederhana namun efektif adalah dengan mandi air panas. Untuk bayi baru lahir, ibu dapat menyeka tubuhnya dengan handuk yang dicelupkan ke dalam air hangat.

Pemandian air panas membantu mengatur suhu karena suhu tubuh turun seiring dengan penguapan air dari tubuh. Sebaiknya hindari mandi air dingin saat sedang demam. Sebab, air dingin bisa menyebabkan menggigil dan meningkatkan suhu tubuh.

Beri makan anak secara teratur Saat demam, tubuh membutuhkan tambahan vitamin dan mineral. Pola makan yang dianjurkan adalah tinggi kalori, tinggi protein, rendah lemak, dan tinggi cairan.

Baca Juga: Semarak Sambut Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Bantul

Anak-anak dapat diberi kaldu tulang atau sup ayam dan sayur. Karena kaldu tulang memiliki kandungan tulang rawan yang tinggi, sehingga berkontribusi pada pembentukan sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi. Pastikan bayi kita mengonsumsi makanan yang mudah dicerna. Beri makan bayi Anda setiap dua jam pada awalnya, dan saat bayi Anda membaik, kurangi frekuensinya menjadi setiap empat jam.

Kemudian pastikan anak minum cukup air Selain sup dan makanan padat, pemberian cairan tambahan berupa air dan jus juga penting dilakukan saat anak Anda mengalami demam tinggi.

Jus buah, susu, air jelai, dan air kelapa dapat membantu meningkatkan tingkat energi tubuh dan memberikan kekuatan yang dibutuhkan untuk pemulihan. Untuk bayi baru lahir, berikan ASI setiap 10 menit. Jika bayi diberi susu botol, pastikan untuk meningkatkan frekuensi menyusui untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga: Empat Langkah Penting Penanganan Hepatitis Akut

Pilihlah pakaian yang tipis Jika anak anda demam tinggi, sebaiknya anda mengenakan pakaian yang tipis untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melepaskan diri dari panas.

Mengenakan pakaian berlapis-lapis dapat memperparah demam karena memerangkap panas tubuh. Tutupi dengan selimut jika anak menggigil.

Pastikan anak anda mendapat istirahat yang cukup. Istirahat dan tidur yang cukup dapat membantu anak Anda pulih dari demam tinggi. Selama istirahat, tubuh dapat mencurahkan energinya untuk penyembuhan dibandingkan mengalokasikan energi tersebut untuk menangani aktivitas lain.

Baca Juga: Catat, Waspada dan Kenali Gejala Umum Varian Omicron

Jika bayi kita tidak mau tidur, pilihlah aktivitas yang membatasi pergerakannya. Seperti mewarnai, memecahkan teka-teki atau bermain dengan mainan favorit Anda. Dengan lebih sedikit gerakan, tubuh akan mampu mengarahkan lebih banyak energi untuk penyembuhan dirinya sendiri.

Kompres dingin Pengobatan alami untuk menurunkan demam pada bayi antara lain kompres dingin. Pemberian kompres dingin pada dahi dan leher efektif menurunkan demam pada anak. Bisa juga mengkonsumsi cuka sari apel untuk menurunkan suhu tubuh sebanyak 2 sendok.

Cuka sari apel sangat efektif mendinginkan tubuh. Gunakan kain bersih untuk merendam campuran selama satu menit. Buang sisa air dan tempelkan pada dahi dan/atau leher anak selama beberapa menit. Kalau mau realistis, saat ini banyak sekali jenis perban penurun demam yang dijual di apotek. Menghirup uap Jika anak anda demam tinggi disertai pilek, uap dapat membantu melarutkan lendir penyebab demam. Mandi uap bisa menjadi pengobatan rumahan yang efektif untuk demam.

Baca Juga: Adi Utarini, Peneliti UGM soal Nyamuk Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh Dunia 2021

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan untuk mempercepat penurunan suhu tubuh yang tinggi pada anak, bsia dilakukan kompres hangat 8 penjuru.

“Bagi orang tua yang ingin menurunkan suhu tubuh pada anak yang mengalami demam tinggi bisa dilakukan dengan kompres hangat dengan 8 penjuru. 8 penjuru tersebut adalah kompres pada dahi, leher, kedua dada, kedua perut dan kedua paha. Untuk suhu air hangat yaitu hangat – hangat kuku sekitar 32 – 35 ‘C”, ucapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *