Lomba Pacuan Kuda Kepang di Sleman, Upaya Pelestarian Budaya dan Kreasi Olahraga

  • Whatsapp
kuda kepang
Lomba Pacuan Kuda Kepang di Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Lomba Pacuan Kuda Kepang kembali dilaksanakan pada 2023 ini. Event yang digelar oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) ini dihelat di Sendangarum, Minggir, Sabtu, 9 Desember 2023.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan lomba Pacuan Kuda Kepang. Bupati menilai, kegiatan ini menjadi wujud pelestarian olahraga tradisional dan kreasi budaya.

Read More

Baca Juga: Mengenal Jathilan Klasik yang Dibawakan Turangga Eka Budaya Kalibawang Kulon Progo

Dia berharap, dengan pelaksanaan lomba ini dapat menumbuhkan rasa bangga dari setiap orang dalam melestarikan Pacuan Kuda Kepang sebagai budaya tradisional.

“Melihat antusias warga yang tinggi, semoga dapat menumbuhkan rasa bangga untuk kita semua dalam nguri-uri budaya kita. Semoga kesempatan ini juga dapat sekaligus memperkenalkan budaya Pacuan Kuda Kepang kepada anak-anak muda, generasi penerus bangsa,” ujar Kustini.

kuda kepang sleman
Lomba Pacuan Kuda Kepang di Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

Bupati juga mendorong agar seluruh peserta dapat meningkatkan kemampuan dengan giat berlatih. Mengembangkan penampilan dan konsep lomba dengan berbagai kreasi, juga dikatakan Bupati sebagai wujud semangat mengembangkan kemampuan diri.

Ketua KORMI Sleman, Suparman menyampaikan, pelaksanaan Lomba Pacuan Kuda Kepang ini melibatkan 18 kelompok Kuda Kepang di seluruh Kabupaten Sleman. Ia pun menekankan agar peserta dapat menjunjung sportivitas dalam lomba ini.

Baca Juga: 13 Pentas Jathilan dan Reog di Yogyakarta Minggu 18 September 2022

“Menang kalah bukan tujuan utama. Namun kebersamaan berolahraga secara sportif bersama KORMI untuk melestarikan budaya lokal yang menjadi tujuan utama kita,” jelasnya.

Suparman pun berharap, kegiatan ini nantinya bisa dilaksanakan dengan lebih variatif. Hal ini mengingat Kabupaten Sleman memiliki banyak kreasi dolanan anak dan olahraga yang bisa diperkenalkan ke generasi muda. Dengan begitu digarapkan generasi muda dapat ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya lokal. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *