Bawean Laut Jawa kembali Diguncang Gempa M4.0

  • Whatsapp
gempa bawean
Bawean dan sekitarnya di Laut Jawa kembali diguncang gempa berkeuatan M4.0. (Foto: BMKG)

BacaJogja – Wilayah Bawean dan sekitarnya kembali diguncang gempa tektonik pada Senin, 25 Maret 2024 pukul 20:54:19 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4.0.

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.66 LS, 112.41 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada 143 km TimurLaut TUBAN-JATIM pada kedalaman 10 km.

Read More

Baca Juga: 12 Fakta Gempa Bawean Jawa Timur M5,9 dan M6,5 pada 22 Maret 2024

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif di Laut Jawa,” katanya dalam siaran pers, Senin, 25 Maret 2024 malam.

Menurut dia, berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di Bawean dengan skala intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Baca Juga: Dalam 7 Jam, Laut Jawa Diguncang 49 Kali Gempa

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Dia mengatakan, gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempabumi Laut Jawa M6,0 yang terjadi pada Jumat tanggal 22 Maret 2024 pukul 11:22:45 WIB. “Hingga hari ini pukul 21.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 276 aktivitas gempa,” ungkapnya.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan M 6,5 Terjadi di Laut Jawa, Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *