Gempa Berkekuatan M 6,5 Terjadi di Laut Jawa, Tidak Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp
gempa laut jawa
Gempa Berkuatan M 6,5 Terjadi di Laut Jawa, Tidak Berpotensi Tsunami. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Hari Jumat 22 Maret 2024 pukul 15.52.58 WIB wilayah Laut Jawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,5.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,92° LS ; 112,35° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Read More

Baca Juga: Update Dampak Gempa: di DIY 172 Rumah Rusak, Ini Rincian per Kabupaten

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike-slip ).

“Berdasarkan laporan dari masyarakat gempabumi ini menimbulkan kerusakan di Pulau Bawean. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya dalam siaran pers, Jumat, 22 Maret 2024.

Baca Juga: Data Kerusakan di Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur Dampak Gempa M6.4

Menurut dia, gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempabumi Laut Jawa M6,0 yang terjadi pada pukul 11:22:45 WIB. Hingga pukul 16.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 22 (dua puluh dua) aktivitas gempa bumi.

Terkait gempa ini, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *