Terang Bulan Jadul, Kue Legendaris Alun-alun Selatan Yogyakarta

  • Whatsapp
kue terang bulan
Kue terang bulan yag dijual Halimin di Alun-alun Selatang Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta – Kue terang bulan punya masa jaya di era 1900-an. Terbuat dari adonan tepung terigu dan telur mirip pancake, tekstur terang bulan ini terkenal sangat empuk dan kenyal. Banyak pedagang yang jualan kue ini.

Namun seiring perkembangan zaman, tren kue terang bulan mulai bergeser pada varian bahan dan isian yang terbuat dari cokelat susu batangan serta selai cokelat impor.

Read More

Tak heran kue terang bulan ini mulai terlupakan. Pedagang yang dulu banyak jualan juga banyak yang beralih jajanan lain. Namun, tidak perlu khawatir bagi yang ingin bernostalgia dengan kue terang bulan. Datanglah ke Alun-alun Selatan atau Alun-alun Kidul (Alkid) Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Sejarah Singkat Bakpia, Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Ya, di tempat ini, masih ada satu penjual terang bulan jadul. Namanya Halimin, 60 tahun, warga Keparakan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta. Dia biasanya setiap siang hingga sore hari selalu berjualan di seputaran Alkid Yogyakarta.

Kue terang bulan yang dijual Halimin ini bentuknya mirip dengan kue terang bulan yang berukuran besar. Bedanya kue ini bentuknya lebih tipis dan toppingnya hanya gula halus dan serpihan cokelat atau cokelat butir.

Baca juga: Lemper Sanden Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2021, Ini Filosofinya

Rasa yang diciptakan yakni manis dan gurih. “Kalau dulu, taburannya cuma gula halus dan butiran cokelat, kali ini rasanya saya tambah dengan susu cokelat kental,” ungkapnya.

Bapak dua anak ini mengaku setiap harinya, bisa menjual dagangannya hingga 80 porsi. Namun karena beberapa minggu ini Kota Yogyakarta sering diguyur hujan, maka omsetnya pun juga ikut turun. “Kalau pas liburan dan hari cerah kadang bisa sampai 150 potong,” katanya.

Baca Juga: Mengenal Brongkos, Kuliner Khas Kegemaran Raja Keraton Yogyakarta

Dia mengatakan, banyak para pembeli yang mengaku kesusahan untuk menemukan jajanan yang memiliki rasa manis tersebut. “Ya dulu banyak yang jualan di sini, tapi sekarang sudah jarang. Sebenarnya masih ada beberapa tapi di depan sekolah dasar,” ungkapnya.

Lantas berapa harganya? Halimin mengaku kue terang bulan milik dibandrol dengan harga terjangkau. Kue manis dan legit dijualnya dari harga Rp6.000 per porsi. Mau bernostalgia? Silakan merapat ke Alkid Yogyakarta. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *