Daop 6 Yogyakarta Siapkan 200 Ribu Tempat Duduk Angkutan Mudik Lebaran

  • Whatsapp
angkutan mudik Daop 6 Jogja
Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 1443 H di Halaman Stasiun Yogyakarta, Jumat, 22 April 2022. (Foto: Dok. Daop 6 Yogyakarta)

BacaJogja – Pemerintah sudah menetapkan masa cuti Lebaran pada tanggal 29 April, 4, 5 dan 6 Mei 2022. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang mudik Lebaran setelah dua tahun pemerintah tidak melaksanakan angkutan mudik Lebaran akibat pandemi corona.

KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta mengoperasikan 24 perjalanan KA Jarak Jauh pada masa Angkutan Mudik Lebaran 2022. Jumlah tersebut tersedia 200 ribu lebih tempat duduk.

Read More

Baca Juga: Daftar 14 KA Tiket Mudik Cuma Rp75 Ribu, termasuk Rute Jakarta – Surabaya

Manajer Humas KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan, untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh penumpang KA pada masa Angkutan Lebaran, Daop 6 menyiagakan 1.300 pekerja Daop 6, 126 personil Polsuska, 206 security, dan perbantuan personil TNI-POLRI yang ditugaskan di Daop 6.

“Selain itu, ada petugas posko pegawai Daop 6 yang turut membantu pelayanan di berbagai stasiun di wilayah Daop 6,” kata Supriyanto usai Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 1443 H di Halaman Stasiun Yogyakarta, Jumat, 22 April 2022.

Baca Juga: Daftar 18 KA yang Beri Diskon 60 Persen Saat Mudik Lebaran

Ada pun persiapan Angkutan Lebaran telah dilaksanakan jauh hari dengan pemeriksaan kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) di stasiun dan di atas KA oleh Ditjenka, inspeksi bersama oleh jajaran Direksi KAI, Kemenhub, dan KNKT, serta persiapan SDM KAI melalui diklap terpadu petugas operasional.

Dia mengatakan, KAI akan memberikan pelayanan terbaik dengan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kenyamanan dan kesehatan penumpang KA. Petugas senantiasa siaga di stasiun dan di lintas.

Baca Juga: Ingin Mudik Lebaran? Jangan Lupa Syarat dan Simpan Nomor Ini

“Kami tambahkan 15 petugas pemeriksa jalur dan 6 penjaga perlintasan KA. Selain itu, ada Alat Material Untuk Siaga atau AMUS yang ditempatkan di 17 lokasi untuk penanganan kedaruratan operasional secara cepat,” jelasnya.

Executive Vice President KAI Daop 6 Yogyakarta Iwan Eka Putra mengatakan, sesuai amanat yang telah diberikan Presiden, Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN, KAI sebagai salah satu moda utama transportasi nasional pun suda menyiapkan angkutan mudik Lebaran ini.

“Kami sudah menyiapkan angkutan mudik Lebaran dan memastikan perjalanan mudik berlangsung dengan aman, lancar, dan penuh kegembiraan,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *