Kenduri Jip di Moyudan, Cara Mendongkrak Pariwisata Sleman Barat

  • Whatsapp
Kenduri jip
Kenduri Jip di Wanarahayu, Kalurahan Sumberrahayu, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman. (Foto: mediacentersleman)

BacaJogja – Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) bersama Komunitas 4xJ menggelar event bergengsi bertajuk Kenduri Jip di Wanarahayu, Kalurahan Sumberrahayu, Kapanewon Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Sabtu-Minggu 1-2 Oktober 2022.

Event ini untuk menggerakkan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19. Avara ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Batik Nasional yang bertepatan pada 2 Oktober.

Read More

Baca Juga: Event Wisata Plesiran Gegojekan di Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Kenduri Jip diikuti 100 jip dari berbagai komunitas di Yogyakarta; seperti jip wisata dari Shiva Plateau Breksi, Jip Adventure Prambanan, Kaliadem, Kaliurang, Wana Rahayu dan Jip wisata Gamplong dengan penumpang rata-rata 3 orang. Acara dimeriahkan dengan bazar pernak pernik jip, bazar UMKM, kontes JIP dan panggung hiburan.

PIC Kenduri Jip, Moh. Iqbal Yusron mengatakan, lokasi yang diilih di Wanarahayu agar bisa lebih menstimulasi perkembangan sektor pariwisata Sleman bagian barat. Pasalnya, selama ini sektor pariwisata di Sleman barat belum begitu maju sehingga perlu didongkrak dengan menggelar sejumlag event.

Baca Juga: Mengenal Plunyon Kalikuning Sleman, Lokasi Syuting Film Horor KKN di Desa Penari

“Harapannya sektor pariwisata dapat ditumbuhkembangkan di semua wilayah di Kabupaten Sleman dengan kekhasan masing-masing,” katanya Iqbal.

Dia mengatakan, dalam event Kenduri Jip ini melibatkan beberapa komunitas yang ada di kawasan Kalurahan Sumberrahayu dan sekitranya. Untuk lebih memeriahkan event tersebut pihak panitia juga menggandeng dan melibatkan pelaku UMKM dan pedagang pedagang kecil, serta potensi seni budaya kalurahan setempat.

Rundown Kenduri Jip

Panitia Kenduri Jip lainnya Wahyudi Djaja mengatakan, konsep acara yang ditampilkan layaknya kenduri yaitu “ngumpul bareng” ditambah dengan acara sarasehan tentang safety riding, modifikasi jip, pelayanan prima dan sapta pesona.

Adapun detail acara berlangsung selama dua hari itu yakni:
– Jumat 30 September 2022 malam
Kenduri panitia

– Sabtu 1 Oktober 2022
registrasi dan persiapan
country road extreme dan fun
prosesi Kenduri Jip dari Komunitas Sekar Pangawikan dilanjutkan kembul bujana.
20.30 sarasehan dan hiburan

Baca Juga: Festival Ramadan Kaliurang Sleman 2022, Banjir Diskon dan Hiburan

– Minggu 2 Oktober 2022
Prosesi acara pembukaan oleh Bupati Sleman
Pembagian hadiah, doorprize dengan aneka hiburan.
Kontes jip dan bazar UMKM dari warga masyarakat setempat

Daftar Destiasi Wisata di Sleman Barat

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, mengungkapkan event ini yang diharapkan lebih memotivasi warga Sleman Barat dalam merintis dan mengembangkan destinasi wisata. “Event ini diharapkan sebagai media promosi bagi para wisatawan untuk lebih mengenal objek-objek wisata yang ada di wilayah Sleman barat,” katanya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Lereng Merapi Tutup, Kaliurang dan Jeep Lava Tour Tetap Buka

Saat ini Sleman barat sudah ada Desa Wisata Gamplong yang sudah terkenal dengan unggulannya produk UMKM tenun dan ATBM dan Studio Alam Gamplong.

Secara kewilayahan Sleman Barat meliputi Kapanewon Moyudan, Minggir, Godean. Di kawasan tersebut sudah sudah ada Desa Wisata Malangan, Empu Keris Sungkowo Harumbrojo, Amukti Palapa, Kampung Satwa di Sumberagung Moyudan, destinasi wisata religi Makam Bagus Khasantuka dan Desa Wisata Sidoakur Jethak di Godean, serta Desa Wisata Brajan di Minggir.

Dia berharap destinasi wisata di Sleman Barat dapat dikelola dengan lebih baik lagi dan dikolaborasikan dengan destinasi wisata yang sudah berkembang dan maju menjadi paket-paket wisata yang saling melengkapi. “Ini akan bermuara pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan warga masyarakat sekitar,” katanya. (mediacentersleman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *