Mengenal Plunyon Kalikuning Sleman, Lokasi Syuting Film Horor KKN di Desa Penari

  • Whatsapp
plunyon kalikuning
Destinasi wisata alam Plunyon Kalikuning. (Foto: Facebook/Kaliurang, Yogyakarta)

BacaJogja – Film KKN di Desa Penari sukses ditonton jutaan pasang mata. Sejak dilaunching pada 30 April 2022 hingga 12 Mei 2022 pukul 17.00 WIB, film ini sudah ditonton 4,5 juta orang. Film ini resmi menjadi Film horor Indonesia terlaris sepanjang masa, mengalahkan jumlah penonton film Pengabdi Setan.

Salah satu scene atau adegan film KKN di Desa Penari ini berlokasi Plunyon Kalikuning. Tepatnya saat awal para mahasiswa baru tiba di lokasi untuk KKN.

Read More

Baca Juga: Sinopsis Film KKN di Desa Penari, Seminggu Tembus Lebih 2 Juta Penonton

Plunyon Kalikuning sebenarnya merupakan Destinasi Wisata Alam di lereng Gunung Merapi, tepatnya berada di Padukuhan Kedungsriti, RT.01/RW.06, Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sesuai namanya, Destinasi Wisata Alam Plunyon Kalikuning ini merupakan taman yang berada di tepi Sungai Kuning. Ada jembatan yang ikonik di sana. Pengunjung dimanjakan dengan panorama perbukitan hijau yang dilatarbelakangi dengan gagahnya Gunung Merapi.

plunyon kalikuning sleman
Destinasi wisata alam Plunyon Kalikuning. (Foto: Facebook: Sunaryo Hosea/Irfan Dui)

Untuk sampai di destiniasi ini sangat mudah. Wisatawan dapat menyusuri Jalan Kaliurang hingga menuju ke kawasan Merapi Golf. Setelah tiba di persimpangan jalan Merapi Jeep Land Cruiser Basecamp, ambil jalan arah kiri dan mengikuti rambu petunjuk arah yang tersedia untuk sampai ke Plunyon.

Baca Juga: Plunyon Kalikuning Sleman, Wisata Alam Alternatif Keren di Lereng Gunung Merapi

Destinasi wisata ini menjadi tempat pikni alternatif di Lereng Gunung Merapi, selain Kaliurang dan Kaliadem. Plunyon dapat dinikmati sebagai destinasi wisata dengan sederetan tumbuhan hijau pinus, udara pegunungan, serta penataan fasilitas pendukung seperti canopy trail yaitu pepohonan yang terhubung oleh jembatan kayu yang dapat dijadikan spot foto.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati tampilan Kali Kuning yang bertingkat di sisi kiri, dengan kedalaman yang mencapai puluhan meter dan bersumber dari Umbul Wadon. Tiket untuk bisa menikmati panoroma yang ada di destinasi wisata ini cukup terjangkau. Cukup merogoh kocek Rp12.500. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *