Plunyon Kalikuning Sleman, Wisata Alam Alternatif Keren di Lereng Gunung Merapi

  • Whatsapp
wisata pluyon kalikuning
Destinasi Wisata Plunyon Kalikuning Sleman. (Foto: Media Center Sleman)

Sleman – Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata. Banyak pula yang masih tersembunyi atau belum banyak diketahui wisatawan. Salah satunya yakni Wisata Alam Plunyon Kalikuning. Lokasinya berada Kedungsriti, RT.01/RW.06, Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman.

Plunyon Kalikunging merupakan taman yang berada di tepi Sungai Kuning. Ada jembatan yang ikonik di sana. Pengunjung dimanjakan dengan panorama perbukitan hijau yang dilatarbelakangi dengan gagahnya Gunung Merapi.

Read More

Baca Juga: 10 Spot Foto Instagramable Gratis di Sepanjang Sumbu Filosofi Yogyakarta

Untuk sampai di destiniasi ini sangat mudah. Wisatawan dapat menyusuri Jalan Kaliurang hingga menuju ke kawasan Merapi Golf. Setelah tiba di persimpangan jalan Merapi Jeep Land Cruiser Basecamp, ambil jalan arah kiri dan mengikuti rambu petunjuk arah yang tersedia untuk sampai ke Plunyon.

Pluyon kalikuning
Destinasi Wisata Plunyon Kalikuning Sleman. (Foto: Wisatakaka)

Destinasi wisata ini menjadi tempat pikni alternatif di Lereng Gunung Merapi, selain Kaliurang dan Kaliadem. Plunyon dapat dinikmati sebagai destinasi wisata dengan sederetan tumbuhan hijau pinus, udara pegunungan, serta penataan fasilitas pendukung seperti canopy trail yaitu pepohonan yang terhubung oleh jembatan kayu yang dapat dijadikan spot foto.

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Banyak Dicari Orang Versi Google

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati tampilan Kali Kuning yang bertingkat di sisi kiri, dengan kedalaman yang mencapai puluhan meter dan bersumber dari Umbul Wadon. Tiket untuk bisa menikmati panoroma yang ada di destinasi wisata ini cukup terjangkau. Cukup merogoh kocek Rp12.500.

Ponco Waluyo, selaku penanggung jawab bagian retribusi taman wisata Gunung Merapi yang mengelola Plunyon mengatakan, terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Plunyon Kalikuning pada periode liburan Tahun Baru 2022 ini. Pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan bagi pengelola maupun pengunjung.

Baca Juga: Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi

“Cukup menggembirakan, sebanyak 413 orang di Plunyon, sedangkan di objek Muncar/Kaliurang ada kunjungan 1.545 wisatawan. Harapannya pandemi segera berakhir agar denyut kehidupan wisata makin meningkat,” ujarnya saat ditemui di Plunyon Kalikuning, Sabtu, 1 Januari 2022. (Arief Hartanto/Media Center Sleman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *