KAI Luncurkan KA Blambangan Ekspres Semarang-Banyuwangi, Berangkat Perdana 2 Desember

  • Whatsapp
KA Blambangan Ekspres Semarang-Banyuwangi
Ilustrasi kereta api. KAI luncurkan KA Blambangan Ekspres, melayani rute Semarang-Banyuwangi. (Foto: Ist)

BacaJogja – PT KAI (Kereta Api Indonesia) meluncurkan kereta api baru, yaitu KA Blambangan Ekspres. Kereta api ini melayani rute Semarang Tawang – Ketapang Banyuwangi PP. Tiket dengan harga promo sudah bisa dipesan di seluruh channel resmi penjualan tiket KAI.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko, melansir pernyataan VP Public Relations KAI Joni Martinus, KA Blambangan Ekspres hadir untuk mempermudah masyarakat dari arah Semarang menuju Jember hingga Ketapang Banyuwangi. Sebelumnya KAI belum menghadirkan perjalanan KA untuk rute tersebut.

Read More

Baca juga: Film KAI Strangers with Memories: Edukasi Penumpang KA

“KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang KAI operasikan dari wilayah Semarang, Cepu menuju ke wilayah Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang ataupun sebaliknya. Hadirnya KA ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu,” ujar Ixfan dalam siaran pers diterima Kamis, 24 November 2022.

Nama KA Blambangan Ekspres berasal dari salah satu nama kerajaan, yakni Kerajaan Blambangan. Kerajaan Blambangan adalah kerajaan hindu yang berlokasi di Banyuwangi, tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa. Kerajaan Blambangan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit, abad 13 Masehi hingga abad 18 Masehi.

KA Blambangan Ekspres terdiri dari 4 gerbong kelas eksekutif dan 3 gerbong ekonomi. Total tempat duduk yang disediakan sebanyak 440 seat dalam sekali perjalanan. Pada tahap awal, kereta api ini beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 sampai 31 Desember 2022.

KA Blambangan Ekspres keberangkatan Semarang akan dimulai dari  Stasiun Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota, dan Ketapang.

Baca lainnya: Pesona Lawang Sewu III: Genjot Geliat Pariwisata Semarang Usai Pandemi

Sedangkan keberangkatan Ketapang berawal dari Stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalisetail, Kalisat, Jember, Tanggul, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Gubeng, Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo, dan Semarang Tawang.

Untuk mengenalkan hadirnya KA Blambangan Ekspres kepada masyarakat, KAI memberikan diskon khusus kepada masyarakat untuk periode keberangkatan 2 hingga 18 Desember 2022. Tiket kelas eksekutif hanya Rp250.000 dan kelas Ekonomi dibanderol Rp150.000. Tiket promo tersebut bisa didapat melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

“Hadirnya KA Blambangan Ekspres tidak hanya untuk memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat, tapi juga untuk membantu meningkatkan pariwisata yang ada di wilayah-wilayah yang disinggahi,” tutup Ixfan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *