Ribuan Warga Memenuhi Rute Kirab Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

  • Whatsapp
kirab nikah kaesang - erina
Kirab pernikahan Kaesang - Erina di Kota Solo. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Ribuan orang memenuhi ruas Jalan Slamet Riyadi Solo yang menjadi rute kirab pernikahan anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep – Erina Sofia Gudono, Minggu, 11 Desember 2022. Ribuan warga memadati dari Lodji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

Pantauan di lokasi, sepanjang sekitar 1,7 kilometer, Kaesang-Erina diarak melewati ruas jalan itu terlihat sudah penuh sesak. Warga tumpah ruah di kanan dan kiri jalam protokol di Kota Solo tersebut.

Read More

Kirab dimulai pukul 09.00 WIB. Namun sebelum dikirab, di rumah dinas Wali Kota Gibran Rakabumi ini dilakukan sejumlah upacara adat ngunduh mantu.

Baca Juga: Pernikahan Kaesang-Erina dan Agenda Lain yang Digelar Hari Ini di Yogyakarta

Sejumlah warga terlihat sudah tidak sabar menyaksikan kirab budaya pernikahan ini. Ponirah, 50 tahun, warga Jebres, Kota Solo, tiba-tiba menggerutu saat ada seorang pengujung berdiri di depannya. Raut wajahnya terlihat lelah.

Perempuan paruh baya ini sudah selepas subuh duduk di pinggir jalan depan Bank CIMB Jalan Slamet Riyadi. “Aku datang sejak subuh, capai dan duduk, kok tiba-tiba ada pria berdiri di depanku,” katanya.

Dia meminta pria itu mencari teman lain, meski di sepanjang ruas jalan tersebut sudah penuh. “Cari tempat lain saja sana,” suruh si perempuan itu.

Baca Juga: Suasana Jokowi dan Keluarga Inti Saat Midodareni Pernikahan Kaesang-Erina

Dan akhirnya yang ditunggu-tunggi itu tiba. Kirab akhirnya dimulai pukul 09.00 WIB. Arak-arakan menggunakan sepuluh kereta kencana. Kereta pertama dinaiki Kaesang-Erina.

Wajah keduanya yang memakai dodotan atau pakaian adat nikah Jawa ini tampak sumringah. Berkali-kali menebar senyum dan melambaikan tangan kepada ribuan warga yang terus mengelu-elukan dari kanan dan kiri rute yang dilewati.

Mereka terkesima dengan penampilan kedua pengantian. “Wah, istri Mas Kaesang, cantik ya,” begitu kata Wendy, 4 tahun, warga Colomadu, Karanganyar. “Semoga langgeng abadi, samawa dalam membangun rumah tangga,” ujar Wendy yang datang bersama suami dan dua anaknya.

Baca Juga: Asal Tujuh Sumber Mata Air untuk Siraman Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

Rombongan kereta kencana berikutnya dari keluarga kerabat dua mempelai, lalu kereta yang dinaiki ibunda Erina, Sofiatun Gudono.

Kereta kencana terakhir atau kesepuluh dinaiki Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana. Ribuan warga turut mengelu-elukan orang nomor satu di negeri ini. “Pak Jokowi… pak Jokowi menghadap ke sini pak,” kata pengunjung yang berada di sisi kiri rombongan kirab.

Baca Juga: Asal Tujuh Sumber Mata Air untuk Siraman Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

Jokowi berdiri di atas kereta yang dinaiki. Melempar senyum dan melambakan tangan ke kanan dan ke kiri kepada warga yang berjubel di sepanjang rute itu.

Rombongan arak-arakan tiba di Puro Mangkunegaran sekitar pukul 10.00 WIB. Di tempat ini menjadi lokasi resepsi. Ribuan tamu undangan sudah di lokasi itu sejak pukul 09.00 WIB. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *