Daftar Event Jogja Nuansa Imlek Selain Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

  • Whatsapp
barongsai pbty
Atraksi barongsai dalam event Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. (Foto: PPemkot Yogyakarta)

BacaJogja – Pekan Budaya Tionghoa Yogyakatta (PBTY) menjadi salah satu event keren sekaligus menjadi daya tarik warga dan wisatawan domestik dan mancanegara di Jogja. Event dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Imlek ini digelar 30 Januari hingga 5 Februari 2023.

Sebanyak 14 paguyuban Tionghoa di Yogyakarta siap Ramaikan event PBTY ke-XVII ini. Acara yang berlangsung selama tujuh hari ini dipusatkan di kawasan Malioboro tepatnyaa di Kampung Ketandan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Daftar Daerah di Indonesia Potensi Hujan Lebat Saat Tahun Baru Imlek 2023

Selain PBTY, ada event lain bernuansa Imlek yang digelar di Yogyakarta pada Januari 2023 ini. Seperti event yang digelar di Jogja National Museum (JNM) Bloc Pekan ketiga 2023.

Ragam Agenda JNM Bloc Pekan III Januari 2023

Menyambut Tahun Kelinci Air, Ruang Riang JNM Bloc memberikan pengalaman baru bagi pengunjung. Panggung The Freeshow hadir mulai minggu ini menampilkan talenta-talenta dari para penggiat kreatif.

Baca Juga: 14 Paguyuban Tionghoa di Yogyakarta Siap Ramaikan Event PBTY 2023

Pengunjung bisa mengisi akhir pekan kalian di JNM Bloc dengan berbagai kegiatan ala negeri bambu. Foto kilat, berbagai lokakarya seperti membuat lampion, hingga pertunjukan spesial Imlek akan menambah cerita liburan kalian.

Adapun rundown acara di JNM Bloc sebagai berikut:
– Senin 16 Januari 2023 : De Banyan Yoga
– Rabu 18 Januari 2023 : Melodi Undakan
– Kamis 19 Januari 2023 : De Banyan Yoga
– Jumat 20 Januari 2023 : Sincia dan The Freeshow
– Sabtu 21 Januari 2023 : Poundift, Sincia, Walk on The Wild Side
– Minggu 22 Januari 2023: Zumba, Walk on The Wild Side, Sincia

Baca Juga: Daftar Lengkap Calender of Event Yogyakarta 2023

Sinthjia-Pameran Seni Tionghoa (17-25 Januari 2023)

Sinthjia adalah sebuah kata dari bahasa Tionghoa yang artinya Selamat Tahun Baru menjadi judul pameran ini. Harapannya harapan di tahun kelinci dalam kalender Cina ini mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan, setelah beberapa tahun belakangan ini dunia dilanda Covid-19.

Pameran ini yang menampilkan berbagai macam seni dari seni rupa, kartun, karikatur, komik strip, cerpen, cergam, foto-foto serta berbagai seni lainnya yang lazimnya ada pada sebuah terbitan koran atau majalah.

Baca Juga: PBTY dan Daftar Event Lain yang Digelar di Yogyakarta Januari 2023

Sumbernya diambil dari beberapa majalah dan koran Tionghoa yang terbit dari masa Antarbellum yaitu masa sesudah perang dunia I, masa Belanda, Jepang dan awal Republik ini. Sekitar tahun 1910-an sampai 1960-an. Koran dan Majalah itu antara lain Sin Po, Star Weekly, Star, Pancawarna, Cermin, Istri, Fu Len, dan Hoakiao.

Pameran ini digelar untuk menyambut Hari Raya Imlek 2023. Pembukaan pameran Senin, 16 Januari 2023. Pameran berlangsung 17-25 Januari 2023 pukul 10.00-21.00 WIB di Bentara Budaya Yogyakarta Jalan Suroto No 2, Kota Baru, Yogyakarta. Acara dimeriahkan penampilan Rongyao dan Jazz Mben Senen. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *