Daftar Daerah di Indonesia Potensi Hujan Lebat Saat Tahun Baru Imlek 2023

  • Whatsapp
ilustrasi hujan saat imlek
Ilustrasi hujan saat Tahun Baru Imlek (Foto: WinNetNews)

BacaJogja – Badan Meteorologi Klimaotologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan cuaca saat Tahun Baru Imlek pada 22 Januari 2023 berpotensi hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Potensi hujan intensitas sedang hingga lebat tidak merata perlu diwaspadai di sebagain wilayah antara lain: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali.

Read More

Baca Juga: Perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta

Kemudian juga berpotensi terjadi di sebagaian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, saat ini termonitor beberapa dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia. Saat ini Monsun Asia masih cukup aktif di wilayah Asia. Sementara itu potensi seruakan dingin dan aliran intas ekuator tidak terlalu aktif saat ini, tapi masih dapat meningkat dalam sepekan ke depan yang dapat berdampak secara tidak langsung pada peningkatan pertumbuhan awan hujan disekitar wilayah Indonesia.

Baca Juga: Libur Imlek 2022, Okupansi Hotel di Kota Yogyakarta 60 Persen

“Gelombang Rossby Ekuator dan Gelombang Kelvin saat ini cukup aktif di wilayah timur Indonesia dan turut memicu potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan,” katanya dalam siaran pers, Jumat, 20 Januari 2023.

Di sisi lain, pola Sirkulasi Siklonik terpantau di Selat Karimata, di Perairan Selatan dari Filipina, di Samudera Hindia Utara Papua, dan di Australia bag utara yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terkonsentrasi di wilayah Sumatera bagian tengah dan selatan, Jawa bagian barat hingga bagian utara, Nusa Tenggara, Kalimatan Selatan, Sulawesi bagian tengah dan selatan, serta Papua bagian utara dan selatan.

Baca Juga: 14 Paguyuban Tionghoa di Yogyakarta Siap Ramaikan Event PBTY 2023

Menurut dia, untuk periode sepekan ke depan, 19-25 Januari 2023 perlu diwaspadai di beberapa wilayah di Indonesia yang masih berpotensi HUJAN SEDANG-LEBAT di sebagian wilayah sebagai berikut:
Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur,.

Kemudian juga berpotensi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *