Wah, Banyak Jajanan Nostalgia di Pasar Kangen UNY Jalan Colombo Yogyakarta

  • Whatsapp
Pasar Kangen UNY
Suasana Pasar Kangen UNY di Jalan Colombo Yogyakarta. (Istimewa)

BacaJogja – Ada yang berbeda suasana di kawasan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), tepatnya di area Taman Pancasila Kampus UNY, Jalan Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta. Pada Jumat-Minggu, 17-19 Mei 2024, banyak tenant yang menjajakan jajanan tempo dulu alias makanan nostalgia.

Ya, ratusan tenant jajanan nostalgia ini bagian event Pasar Kangen UNY. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-60 Kamus UNY. Event Pasar Kangen UNY mengambil tema ‘Transformasi Budaya Kerja, Menguatkan UNY PTN-BH’ ini mencerminkan komitmen UNY dalam menyatu dengan masyarakat untuk mendekatkan dunia pendidikan tinggi dengan masyarakat umum.

Read More

Baca Juga: Berburu Nostalgia, Kuliner hingga Barang Antik di Pasar Kangen Jogja 2023

Ketua Panitia Pasar Kangen UNY Dr. Dra. Pratiwi Wahyu Widiarti, M.Si. menuturkan acara diikuti oleh ratusan pedagang yang diperkirakan akan menarik sekitar 10.000 pengunjung setiap harinya. “Kegiatan ini diharapkan menjadi media promosi yang efektif karena terbuka untuk masyarakat umum dan semua orang boleh hadir berpartisipasi,” katanya.

Ketua Dies Natalis ke-60 UNY Prof. Dr. Mukhamad Murdiono, S.Pd., M.Pd. menuturkan pasar Kangen UNY mewadahi kebudayaan masyarakat, terutama masyarakat Yogyakarta yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal. Kebudayaan itu harus terus dikembangkan seiring kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kegiatan ini juga menjadi simbol menyatunya kehidupan yang bersumber dari nilai-nilai kampus, keraton, dan kampung, yang mencirikan keistimewaan Yogyakarta.

Baca Juga: Pasar Kangen, Pengobat Rindu Suasana Yogyakarta Tempo Dulu

“Pasar Kangen UNY adalah replika dari pasar tradisonal yang di dalamnya melibatkan berbagai elemen masyarakat secara luas. Secara khusus Pasar Kangen UNY sebagai bentuk komitmen UNY yang nyawiji dengan masyarakat menuju harmoni kehidupan berkelanjutan,” papar Prof Murdiono.

Pasar Kangen Dies Natalis UNY ke-60 dibuka oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto dan melibatkan lebih dari 200 tenant. Mereka akan menawarkan berbagai produk unik yang mulai langka dan sulit ditemukan di tempat umum. Produk yang ditawarkan mulai dari jajanan lokal tradisional hingga aneka permainan tradisional.

Semua produk yang dijual dipasarkan dengan harga maksimal Rp20.000. Untuk memeriahkan acara, beragam hiburan juga akan dihadirkan. Beberapa penampil seperti Yuliono Singsot, Damar Patung Pantomim, serta hiburan kesenian dari mahasiswa UNY seperti penampilan dari mahasiswa Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB), penampilan dari beragam unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan dari himpunan mahasiswa yang ada di lingkungan UNY.

Baca Juga: Pasar Rakyat di Kotagede, dari Dolanan Anak, Klangenan hingga Rumah Hantu

Selain hiburan, Pasar Kangen UNY juga menyelenggarakan berbagai lomba, antara lain lomba mewarnai untuk anak usia 5-7 tahun, lomba makan nasi kucing untuk umum, lomba lempar seng, lomba menyanyi untuk mahasiswa UNY, dan lomba nasi goreng untuk civitas akademika UNY.

Pasar Kangen UNY terbuka untuk umum, memungkinkan masyarakat luas untuk mengunjungi kawasan UNY dan mengenal lebih dekat universitas ini. Dengan acara yang meriah dan beragam, Pasar Kangen UNY diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk merasakan dan menghargai kearifan lokal serta memperkuat hubungan antara universitas dan masyarakat sekitar. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *