Menengok Upacara Tradisi Wiwitan di Srandakan Bantul Yogyakarta

  • Whatsapp
Tradisi Wiwitan Bantul
Warga Trimurti menggelar upaca tradisi Wiwitan di Bulak Gambrengan Prokerten Tirmurti, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Bantul – Warga Trimurti menggelar upaca tradisi Wiwitan di Bulak Gambrengan Prokerten Tirmurti, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Rabu, 19 Mei 2021. Tradisi yang menandai memasuki musim panen ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Sang Pencipta Allah atas keberhasilan musim tanam.

Prosesi Wiwitan diawali dengan doa-doa yang dipimpin oleh sesepuh/kaum rois setempat. Usai prosesi doa-doa, dilanjutkan dengan memotong padi sebagai tanda padi sudah siap dipanen.

Read More

Sebelum sesepuh atau kaum rois datang, para petani sudah menyiapkan peralatan yang dipakai untuk tradisi wiwitan seperti kendil yang berisi air, ani-ani atau alat untuk memetik padi, bunga mawar, menyan serta kain jarik untuk membungkus hasil padi yang sudah dipetik.

Setelah ritual selesai dilakukan, biasanya petani membagikan makanan yang sudah disiapkan kepada warga sekitar. Setiap warga boleh mengikuti tradisi Wiwitan tanpa terkecuali dan memakan makanan tersebut.

Tradisi Wiwitan Bantul
Warga Trimurti menggelar upaca tradisi Wiwitan di Bulak Gambrengan Prokerten Tirmurti, Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkab Bantuk)

Panewu Srandakan, Anton Yulianto mengatakan kegiatan upacara Wiwitan dilaksanakan oleh kelompok tani di Pedukuhan Proketen dan Pedukuhan Puron atau Kelompok Pranumanunggal. Tradisi wiwitan ini untuk memasuki masa panen pada musim ini.

“Tradisi ini sebagai wujud puji syukur kepada Tuhan yang telah memberikan hasil berupa tanaman padi yang cukup baik. Tentu diiringi doa agar ke depannya kegiatan pertanian dapat berjalan lebih baik,” kata Anton.

Dia berharap hasil pertanian bisa bernilai ekonomis yang cukup baik sehingga bisa diandalkan untuk menjadi sumber mata pencaharian masyarakat. “Harapan kami juga agar kegiatan seperti ini bisa terus dilestarikan,” ungkapnya.

Sementara Bupati Bantul Abdul Halim Muslih yang ikut hadir bersama Forum Komunikasi Kapanewon dan Jajaran Pemerintah Kalurahan Trimurti mengungkapkan dukungannya terhadap sektor pertanian di Kabupaten Bantul. “Karena sektor pertanian ini dihuni oleh mayoritas penduduk Bantul,” ungkapnya.

Dia mengatakan, ke depan sektor pertanian tetap menjadi prioritas pemerintah. “Saya berharap petani di Bantul semakin sejahtera karena sektor ekonomi yang tumbuh positif selama pandemi ini adalah sektor pertanian,” ujarnya. []

Source: Humas Pemkab Bantul

Baca Juga:

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *