Innalillahi, Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia

  • Whatsapp
manteb sudarsono
Ki Manteb Sudarsono. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta – Dalang kondang Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia pada Jumat, 2 Juli 2021 pukul 09.45 WIB. Sosok yang diakrab dengan julukan Dalang Setan karena kepiawaiannya memainkan anak wayang ini meninggal di rumahnya di Dusun Sekiteran, Kelurahan Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kabar duka banyak diunggah di media sosial. Salah satunya oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melalui akun twitter pribadinya, @ganjarpranowo:

Read More

“Ya Allah. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un… Satu lagi sosok panutan meninggalkan kita. Insyaallah husnul khatimah. Sugeng kondur, Ki Manteb Sudarsono. Sugeng pinanggih Guru Sejati”

Belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya dalang berusia 72 tahun ini. Hanya saja pesan berantai di sejumlah grup WhatsApp, prosesi pemakaman akan menggunakan protokol kesehatan.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumbet, Manteb Sudarsono lahir di Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, 31 Agustus 1948. Keduanya orang tuanya merupakan seniman. Ayahnya bernama Ki Hardjo Brahim yang merupakan dalang juga. Sedangkan ibunya merupakan penabuh gamelan.

Sejak kecil dididik ayahnya menjadi dalang. Tak heran si ayah mengajaknya untuk pentas. Saat masih sekolah, Manteb Sudarsono sudah sering manggung, sehingga sekolahnya terbengkelai. Akhirnya memutuskan berhenti sekolah dan mendalami karir sebagai dalang.

Dalam meniti karirnya sebagai dalang, Manteb Sudarsono belajar banyak dari dalang ternama, Ki Narto Sabda dan dalang yang ahli sabet, yakni Sudarman Gondodarsono. []

Baca Juga:

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *