BMKG: 27 Daerah Berpotensi Cuaca Ekstrem 15-20 Agustus 2021

  • Whatsapp
cuaca ekstrem
Ilustrasi petir/kilat/cuaca ekstrem. (Foto: Pixabay)

Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya peningkatan aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial. Hal ini berdasarkan hasil analisis dan prediksi dinamika gelombang atmosfer terkini.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, MJO dan Gelombang Rossby Ekuatorial adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah yang dilewatinya. “Fenomena MJO bergerak dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari,” katanya dalam siaran pers, Minggu, 15 Agustus 2021.

Read More

Baca Juga: Warga Diminta Waspada Gelombang Tinggi Pantai Suwuk Kebumen

Sedangkan Fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudera Pasifik ke arah Samudera Hindia dengan melewati wilayah Indonesia. Sama halnya seperti MJO, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia maka dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah indonesia.

Guswanto mengatakan, BMKG juga mengamati adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan barat Sumatera Barat dan dari Riau hingga Sumatra Utara yang dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Baca Juga: Jateng dan Tiga Provinsi Lain Diminta Waspada, Siklon Tropis Seroja Meningkat

Adanya kondisi-kondisi dinamika atmosfer tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan pada periode satu minggu ke depan di beberapa wilayah Indonesia. Hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dalam sepekan ke depan, 15-20 Agustus 2021 berpotensi terjadi di 27 wilayah di Indonesia.

Sebanyak 27 daerah tersebut yakni: Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *