Wakil Presiden Ma’ruf Amin Kunjungi Balkondes PGN Karangrejo Magelang

  • Whatsapp
Wapres Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengunjungi Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah pada Kamis, 21 April 2022. (Foto: Dok. PGN)

BacaJogja – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengunjungi Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah pada Kamis, 21 April 2022. Kunjungannya ini dalam rangka meninjau langsung sinergi antara badan usaha dalam hal ini PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina dengan masyarakat sekitar untuk mengembangkan destinasi wisata berbasis energi ramah lingkungan.

Balkondes PGN Karangrejo belum lama ini mengenalkan Gasblock sebagai ikon terrbaru. Tujuannya mewujudkan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi yang ramah lingkungan, serta Desa Energi PGN yang unik, asri, serta kaya akan budaya Indonesia.

Read More

Baca Juga: Gasblock, Ikon Terkini Desa Energi di Balkondes PGN Karangrejo

Untuk memoles tampilan balkondes, dihadirkan new icon instagramable dalam bentuk monumen yaitu Meter Regulating System (MRS) ukuran G.1600. Selain itu Gasblock juga menghadirkan Restoran Truntum dengan layanan berkelas yang dihiasi pemandangan Perbukitan Menoreh dan sawah warga.

Wakil Presiden mengatakan, sesuai arahan Presiden, pemerintah terus berupaya mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, salah satunya di Kawasan Borobudur. Dengan layanan kelas internasional dan menggunakan energi gas bumi yang ramah lingkungan, Gasblock di Balkondes PGN Karangrejo diharap mampu mendukung program tersebut.

Baca Juga: PGN Subholding Gas Pertamina Catat Laba Bersih USD 303,8 Juta pada 2021

“Apalagi Balkondes Karangrejo melibatkan masyarakat sekitar, sehingga juga bisa mendongkrak perekonomian desa,” ujarnya di sela-sela kunjungan.

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto menyatakan, pihaknya mendukung penuh program pemerintah dalam pengembangan ekonomi komunal di daerah wisata sesuai komitmen ESG Pertamina. PGN berkomitmen mengembangkan desa energi Karangrejo yang bisa menjadi brenchmark desa sekitarnya sebagai desa yang berdaya, mandiri, sustainable dan ramah lingkungan.

Kunjungan Wapres
Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengunjungi Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah pada Kamis, 21 April 2022. (Foto: Dok. PGN)

“Nuansa alam dan kearifan lokal masyarakat sekitar sangat membantu dalam keberhasilan Balkondes PGN Karangrejo. Alhamdulillah, tahun 2021 Balkondes PGN Karangrejo mampu survive di masa pandemi Covid-19,” ujar Haryo.

Dia menjelaskan, kolaborasi energi dan Balkondes PGN Karangrejo juga diwujudkan dalam lanskap keindahan bumi Borobudur dan pembangunan pipa gas sepanjang 3.900 meter untuk melayani 204 Sambungan Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga warga sekitar balkondes. Tepatnya di Dusun Kretek dan Bumen.

Gas bumi juga digunakan sebagai energi untuk water heater homestay balkondes, meja obor beberapa lokasi, dan obor api abadi di beberapa titik. “Desa Energi Karangrejo juga sudah tersertifikasi yang membuktikan bahwa layanan homestay ini dapat diandalkan,” kata Haryo.

Baca Juga: Subholding Gas Pertamina Wujudkan 4 Juta Sambungan Gas Bumi Jawa Bagian Selatan

Balkondes PGN Karangrejo memiliki layanan homestay yang terdiri atas empat homestay family, dua homestay couple, dan empat room single. Menempati tanah seluas 3 hektare, Balkondes Karangrejo menyediakan fasilitas penginapan, pertemuan, serta rumah makan. Selain itu, Truntum Gasblock juga menyediakan menu Indonesia dan western.

“Tujuan dibangunnya Balkondes PGN Karangrejo adalah sebagai wadah perusahaan dan masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar, serta memperkenalkan Desa Karangrejo sebagai desa energi,” jelas Haryo.

Layanan Balkondes PGN Karangrejo disiapkan untuk menopang destinasi prioritas Kawasan Borobudur. Pengelolaan Balkondes PGN Karangrejo tak lepas dari kolaborasi dengan warga sekitar. Saat ini Balkondes dikelola 20 orang warga asli Karangrejo.

Baca Juga: Lima Kampung Wisata Ini Ada Kehangatan Khas Warga Yogyakarta

Kepala Desa Karangrejo, Muhamad Hely Rofikun mengatakan, kehadiran Balkondes sangat penting dalam pengembangan ekonomi warga. Sebelum ada Balkondes, kunjungan wisatawan hanya tertuju ke Candi Borobudur saja. Namun setelah Balkondes diresmikan pada 2017, wisatawan mulai menyebar ke desa-desa di sekitar kawasan candi Borobudur.

“Alhamdulillah, kunjungan sudah menyebar ke desa-desa. Balkondes merupakan tonggak kebangkitan ekonomi desa. Selama tahun 2021 kemarin, keuntungan yang diperoleh mencapai sekitar Rp 200 juta,” ujar Hely.

Dia mengatakan, dampak positif lain tercipta lapangan kerja baru. UMKM sekitar juga mendapat berkah dari kehadiran Balkondes ini. Banyak produk buatan UMKM warga Karangrejo ikut dipasarkan di Balkondes dan diminati wisatawan. “Mulai dari keripik, hingga gula aren diminati wisatawan,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *