Update Dampak Banjir Bandang di Kokap Kulon Progo

  • Whatsapp
banjir kulon progo
Banjir bandang menerjang Kokap Kulon Progo. (Foto: screenshot video amatir)

BacaJogja – Banjir bandang menerjang Pedukuhan Plamapang II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis, 19 Mei 2022 petang. Banjir disebabkan hujan lebat yang mengguyur wilayah setempat dengan durasi lebih dari satu jam.

Terekam dalam video amatir kejadian ini dan viral di media sosial. Dalam video ini nampak banjir bandang disertai limpahan material tanah memenuhi jalan. Sedangkan di sekitar lokasi ada beberapa rumah warga yang terdampak.

Read More

Baca Juga: Foto-foto Banjir Mengepung 7 Kecamatan di Purworejo Jawa Tengah

Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo Joko Satyo Agus Nahrowi mengatakan, penyebab banjir akibat hujan deras yang mengguyur perbukitan Menoreh sejak sore. “Saat ini masih dilakukan pendataan dampak akibat kejadian ini,” katanya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun dari relawan, data sementara ada enam kepala keluarga di RT 61/RW 21 yang mengungsi akibat kejadian ini. “Jumlah pengungsi 20 orang dari enam KK,” kata Agus, relawan setempat.

Baca Juga: Data Kerusakan dan Kerugian Dampak Banjir dan Pohon Tumbang di Bantul

Adapun rincian pengungsi sebagai berikut:
1. Hartini jumlah 6 jiwa
2. Rosianto jumlah 3 jiwa
3. Marsudi jumlah 3 jiwa
4. Suparjan jumlah 2 jiwa
5. Supandi jumlah 3 jiwa
6. Madiyono jumlah 3 jiwa

Baca Juga: Banjir Menggenangi Halaman SD Banasara Lendah Kulon Progo

Warga yang terdampak ini mengungsi ke rumah yang lebih aman. Lima KK (Hartini, Rosianto, Marsudi, Suparjan dan Supandi) mengungsi di rumah Ngasiran. Sedangkan satu KK (Madiyono) mengusngi di tempat Wasisto. “Jalan kabupaten sementara untuk kendaraan roda dua maupun empat belum bisa lewat karena banyak material yang masih berada di jalan,” kata dia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *