PCNU Bantul Punya Toko Modern NUMart, Upaya Memperkuat Ekonomi Kerakyatan

  • Whatsapp
NUMart PCNU Bantul
Bupati Bantil Abdul Halim Muslih saat menghadiri peresmian NUMart PCNU Bantul. (Foto: Markaban Anwar)

BacaJogja – Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) PCNU Kabupaten Bantul meresmika toko modern “NUMart” di Jalan Urip Sumoharjo, Bantul, Yogyakarta, Selasa, 7 Juni 2022 malam. NUMart ini mulai beroperasi Kamis, 9 Juni 2022.

Ketua LPNU Kabupaten Bantul Suwarno menyatakan, NUMart didirikan atas dukungan permodalan dari 17 UpzisNU Kapanewon se-kabupaten Bantul, dari PCNU dan LPNU Bantul, serta ditambah beberapa perseorangan warga nahdliyin. “NUMart bisa dilaunching. Pada Kamis besok, pada jam tujuh pagi, NU Mart sudah dibuka dan mulai beroperasi,” tuturnya.

Read More

Baca Juga: Wakil Presiden Ma’ruf Amin Kunjungi Balkondes PGN Karangrejo Magelang

Ketua Tanfidziyah PCNU Bantul Riyanto dalam pidato sambutan mengingatkan kepada khalayak yang hadir tentang sejarah kebangkitan nahdliyin sebelum lahirnya Nahdlatul Ulama. Sebelum NU berdiri tahun 1926, telah ada kebangkitan golongan yang menjadi embrio berdirinya NU.

Embrio berdirinya NU berasal dari tiga organisasi. Pertama Nahdlatut Tujjar pada tahun 1918, didirikan oleh golongan saudagar atau pedagang; kedua, Taswirul Afkar yang bergerak dalam bidang keilmuan dan budaya pada tahun 1922; dan ketiga, Nahdlatul Wathon yang bergerak dalam bidang politik dan kebangsaan pada tahun 1924. Tiga kebangkitan organisasi itu merupakan pilar dan embrio berdirinya NU.

Baca Juga: Kabupaten Bantul Menuju Jejaring Kota Kreatif Dunia

“Dengan mendaras sejarahnya, saya kira berdirinya NUMart ini adalah upaya meneladani muassis NU di bidang ekonomi kerakyatan. Saya berharap NUMart bisa berjalan baik dan bisa berkembang dengan membuka cabang NUMart-NUMart di lokasi lainnya,” kata Riyanto.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih yang hadir dalam acara peresmian menyatakan, pendirian NUMart adalah salah satu bentuk nahdlatul tujjar, kebangkitan jam’iyah di bidang ekonomi untuk meningkatkan kemajuan NU Bantul. “Akhirnya nanti dapat memberikan maslahat kepada jamaah nahdliyin dan masyarakat Bantul umumnya,” katanya.

Baca Juga: Sri Sultan: Pariwisata Punya Kewajiban Hapus Kemiskinan dan Kelaparan

Anggota DPD RI Hilmy Muhammad memberikan uacapan selamat dan apresiasi kepada PCNU Bantul atas peresmian gerai toko moder NUMart. Peresmian yang dikemas dalam acara Grand Opening NUMart PCNU Bantul itu diikuti jajaran pengurus syuriah dan tanfidziyah PCNU Bantul, jajaran pengurus lembaga otonom PCNU Bantul, serta Ketua MWC NU dan Upzisnu kapanewon se-Kabupaten Bantul.

Anggota DPRD Fraksi PKB DIY Aslam Ridlo dan anggota DPRD Kabupaten Bantul Mahmudin serta para kiai dan tokoh masyarakat setemapt tampak hadir. Acara peresmian NUMart diawali dengan mujahadah dan doa yang dipimpin oleh KH. Ahmad Zabidi Marzuki, pengasuh pondok pesantren Ar-Romli Giriloyo, Bantul. (Kontributor: Markaban Anwar)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *