Gelombang Pasang Selatan Jawa Masih Potensi Terjadi Minggu 17 Juli 2022

  • Whatsapp
gelombang pasang pantai depok
Gelombang tinggi yang terjadi di Pantai Depok Bantul (Foto: Sreenshoot video amatir)

BacaJogja – Perairan selatan Jawa pada Sabtu, 16 Juli 2022 diterjang gelombang tinggi. Bangunan semi permanen maupun warung-warung yang ada di sejumlah pantai rusak, seperti di Pantai Depok Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap mengingatkan gelombang tinggi masih berpotensi hingga Minggu, 17 Juli 2022. “Peringatan dini berlaku 16 – 17 Juli 2022,” kata prakirawan Deas Achmad Rivai dalam keterangan tertulis, Sabtu, 16 Juli 2022.

Read More

Baca Juga: Waspada, Bulan Purnama Picu Potensi Banjir Rob Pantai Selatan Jawa 10-19 Juli 2022

Menurut dia, tinggi gelombang 4-6 meter berpeluang terjadi di perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perairan Sukabumi – Cianjur dan Perairan Garut – Pangandaran tiggi gelombang berkisar 2,5 – 4 meter atau masuk kategori tinggi. Sedangkan perairan dan Samudera Hindia Selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta tinggi gelombang antara 4 – 6 meter atau masuk kategori sangat tinggi.

Baca Juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi 2,5 – 6 Meter di Selatan Jawa

Kondisi sinoptik cuaca berawan potensi hujan ringan hingga sedang dan umumnya angin bertiup dari Timur Laut hingga Teggara dengan kecepatan antara 1 – 23 knot.

Seperti diberitakan, gelombang tinggi dan besar menerjang perairan selatan Jawa pada Sabtu, 16 Juli 2022. Sejumlah bangunan di dekat pantai diterjang gelombang pasang ini, salah satunya Pasar Ikan Pantai Depok, yang berada di Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi Perairan Selatan Jawa

Selain itu, sejumlah warung di objek wisata ini juga tersapu ombak tinggi. Sejauh ini belum diketahui jumlah dan kerugian materialnya karena pendataan masih berlangsung.

Sekretaris SAR Satlinmas Parangtritis Arief Nugroho mengatakan, sebenarnya ombak tinggi yang terjadi di Pantai Selatan sudah mulai terjadi dalam beberapa hari terakhir. Namun, yang paling besar terjadi pada hari ini, ombak hingga masuk ke daratan paling jauh dari sebelumnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *