Parangtritis dan Parangkusumo Bantul Jadi Fokus Pengamanan Malam 1 Sura

  • Whatsapp
rakor malam 1 sura
Polres Bantul menggelar rakor pengamanan perayaan Malam 1 Sura. (Foto: Dok. Polres Bantul)

BacaJogja – Pengamanan pada perayaan Tahun Baru Jawa 1 Sura Ehe 1956 atau Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H akan difokuskan di kawasan obyek wisata Parangtritis dan Parangkusumo yang berada di Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul. Selain itu, pengamaan juga dilakukan di jalur lalu lintas yang menuju ke kawasan tersebut.

Seperti diketahui bahwa setiap perayaan malam 1 Muharram atau 1 Suro banyak warga yang terkonsentrasi di kawasan Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Untuk mengantispasi terjadinya kemacetan akan dilakukan rekayasa lalu lintas mulai dari Simpang tiga Sempalan Pundong.

Read More

Baca Juga:

Hal itu diungkapkan Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK saat rapat koordinasi persiapan pengamanan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H atau 1 Suro di wilayah Bantul. “Kegiatan rakor ini diselenggarakan dengan maksud sebagai langkah awal pelaksanaan pengamanan malam 1 Suro agar dapat berjalan lancar,” katanya, Kamis, 28 Juli 2022.

Kapolres mengatakan, untuk mengantispasi terjadinya kemacetan akan dilakukan rekayasa lalu lintas mulai dari Simpang tiga Sempalan Pundong. “Kendaran-kendaraan yang menuju ke kawasan Parangtritis akan dialihkan melalui Simpang tiga Sempalan Pundong. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan khususnya di Jembatan Kretek,” jelas Kapolres.

Baca Juga: Larangan Berwisata Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan Jawa dan Cerita Nyi Roro Kidul

Polres Bantul akan menempatkan personel di penggal-penggal jalan menuju kawasan Parangtritis bersama petugas dari instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Parwisata, Satpol PP dan Kodim Bantul serta Paksikaton.

Kapolres berharap dengan sinergitas dan kolaborasi dalam pengamanan ini, perayaan 1 Muharram atau 1 Suro di wilayah Bantul berjalan lancar. Selain itu kondisi kamtibmas dan kamseltibcar lantas tetap aman kondusif.

Baca Juga: Makna Upacara Adat Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri di Parangtritis Bantul

Rakor digelar di ruang rapat Gedung Satpas Polres Bantul dan dipimpin oleh Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK. Kegiatan rakor juga dihadiri oleh PJU Polres Bantul dan Kapolsek jajaran Polres Bantul, perwakilan dari Kodim Bantul, Dispar Kabupaten Bantul, BPBD Kabupaten Bantul, Dishub Kabupaten Bantul, Satpol PP Bantul, PPK dan Paksikaton. (Humas Polres Bantul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *