Sleman Tuan Rumah Porda DIY 2022, Pertandingkan 44 Cabor

  • Whatsapp
audiensi porda DIY
Panitia Porda DIY menemui Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta. (Foto: Dok. Pemda DIY)

BacaJogja – Jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY 2022 di Kabupaten Sleman sebanyak 44 cabor. Porda digelar pada 1-9 September 2022. Secara umum persiapan pelaksanaan Porda DIY 2022 secara kuantitatif sudah 99 persen siap.

Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengungkapkan pada Porda sebelumnya mempertandingkan 40 cabor. Pada Porda 2022 bertambah menjadi 44 cabor. “Beberapa cabor yang baru tersebut di antaranya ialah hapkido, kick boxing dan e-sport,” katanya usia audiensi bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan Yogyakarta, Selasa, 23 Agustus 2022.

Read More

Baca Juga: Sleman Tuan Rumah PORDA XVI dan PEPARDA III DIY 1-9 September 2022

Dia mengatakan, pada PORDA ini cabor baru bertanding tapi sifatnya ekshibisi. Artinya perolehan medali pada cabor tersebut tidak dihitung dalam konstelasi total keseluruhan medali. “Ini memang menjadi bagian dari prasyarat untuk nantinya di PORDA berikutnya bisa masuk secara definitif,” imbuhnya.

Sultan Tak Bisa Hadiri Pembukaan Porda DIY 2022

Menurut dia, audiensi ini sekaligus mengundang Sri Sultan HB X dalam pembukaan Porda DIY 2022 pada 1 September 2022 mendatang. Namun, karena ada agenda kerja lain yang tidak dapat ditinggal, Sri Sultan menyanggupi untuk hadir pada penutupan Porda DIY 2022 pada 9 September 2022.

Baca Juga: Filosofi Maskot dan Logo Porda XVI – Peparda III DIY 2022 di Sleman

Dia mengungkapkan, awalnya panitia ingin tetap Sri Sultan yang membuka, karenanya ada rencana pembukaan bergeser di tanggal 31 Agustus 2022. Tapi ternyata dari aspek tempatnya tidak bisa karena adanya event lain.

“Kami meminta arahan, dan beliau (Sri Sultan) mengatakan tetap tanggal 1 September saja. Nanti yang membuka Insya Allah Sri Paduka, baru di tanggal 9 September nanti Ngarso Dalem yang menutup,” papar Djoko.

Baca Juga: Anoman, Janaka dan Wayang Lain Ramaikan Festival Paralayang di Kulon Progo

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengungkapkan harapan pelaksanaan Porda DIY 2022 dapat berjalan lancar dan sukses. Ia juga meminta dukungan seluruh pihak agar pelaksanakan Porda DIY 2022 bisa berjalan baik. “Kami juga memohon doanya kepada beliau (Sri Sultan) agar pelaksanaan Porda kali ini sukses,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk Sleman menargetkan bisa hattrick lagi sebagai juara umum Porda DIY. “Semoga bisa juara umum lagi,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *