Gelorakan Program Air untuk Kehidupan, Cara DMC Dompet Dhuafa Cegah Kekeringan

  • Whatsapp
Program Air untuk Kehidupan di Gunungkidul
Program Air untuk Kehidupan di Dusun Gagam, Kalurahan Pengkol, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul. (Foto: Dok.Dompet Dhuafa)

BacaJogja – Kabupaten Gunungkidul termasuk dalam kawasan karst Gunung Sewu, sehingga identik dengan lingkungan yang kering di mana kondisi tanah banyak mengalami rekahan. Tak heran air untuk kebutuhan domestik berasal dari air tanah dan air hujan.

Namun kawasan karst memiliki potensi sumber air tanah yang melimpah. Air tanah ini terkonsentrasi pada lorong-lorong atau retakan yang ada di bawah tanah.

Read More

Salah satu keunggulan dari mata air karst adalah waktu tunda yang panjang antara hujan hingga keluar ke mata air sehingga beberapa mata air karst akan memiliki debit yang besar saat musim kemarau.

Baca Juga: Banser Pundong Bantul Kirim Tiga Tangki Air Bersih ke Dusun Surotopo

Chief Executive DMC Dompet Dhuafa Haryo Mojopahit mengatakan, kegiatan manusia dapat menyebabkan terganggunya sistem hidrologi serta penurunan kuantitas dan kualitas air. “Penambangan dan deforestasi menyebabkan jumlah air yang meresap menjadi semakin sedikit sedangkan kegiatan manusia seperti pertanian, pengelolaan sanitasi dan sebagainya akan menyebabkan penurunan kualitas air,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu, 3 September 2022.

Terdapat tiga dusun di Gunungkidul yang mengalami musim kemarau panjang yakni: Dusun Gagan, Kelurahan Pengkol, Kecamatan Nglipar; Dusun Macanmati, Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang; dan Dusun Kadiobo, Desa Grimulyo, Kecamatan Panggang. Saat musim kemarau panjang, bentang alamnya menjadi kecokelatan dan kelangkaan air bersih. Musim kemarau bisa berlangsung cukup panjang berkisar 5-9 bulan.

Baca Juga: Penjelasan BMKG soal Cuaca Panas di Indonesia

Saat hal itu terjadi, warga yang kebanyakan berprofesi sebagai petani dan peternak ini terpaksa harus merogoh kocek cukup dalam agar bisa membeli air bersih atau banyak yang sekadar bisa berharap menunggu bantuan dari lembaga maupun intansi.

Masing-masing dusun kebutuhan air bersih di dusun ini sekitar 8.700 kubik. Sedangkan sumur bor per menit menghasilkan 10 liter atau 600 liter per jam. Butuh waktu 15 jam untuk memenuhi kebutuhan air. Jenis vegetasi di sekitar sumur tidak terlalu banyak dan bukan jenis tanaman yang bisa menyaring maupun menyimpan air.

Program Air untuk Kehidupan
Cegah kekeringan, DMC Dompet Dhuafa menggelorakan Program Air untuk Kehidupan seperti yang dilakukan di Gunungkidul Yogyakarta. (Foto: Dok. Dompet Dhuafa)

Sementara itu, warga Dusun Gagan tidak pernah menggunakan sumber air Pemanen Air Hujan (PAH) karena menganggap air hujan berbau, takut menjadi sakit dan alergi, serta ketiadaan penampungan dan pengelolaannya yang belum diketahui.

Kejadian luar biasa pernah terjadi di pedukuhan ini karena warga ramai-ramai terkena penyakit disentris, muntaber, dan beberapa penyakit lain yang terkait dengan ketersediaan air. Baru sekitar 10 tahun ini warga disosialisasikan mengenai PHBS untuk menekan laju penyakit-penyakit tersebut bisa berkurang.

Baca Juga: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kunjungi Sungai Bawah Tanah Seropan Gunungkidul

Purwanto, warga Dusun Macanmati mengatakan, pada saat musim penghujan, mayoritas warga memanfaatkan air Penampungan Air Hujan (PAH) yang sudah secara gerenasi ke generasi terinstalasi di kediaman warga. “Tahun lalu warga bisa memenuhi kebutuhan airnya melalui PAH karena hujan turun terus menerus. Namun di satu sisi harus dibayar dengan kemarau yang panjang,” katanya.

Sedangkan di Dusun Kadiobo telah memiliki instalasi penampungan air hujan. Penampungan berbentuk bak besar yang dibangun di sisi rumah dengan volume sekitar 5.000 – 7.000 liter. Warga memiliki gua yang terdapat sumber mata air bisa mengakses sumber mata air ini.

Program Air Kehidupan Gunungkidul
Program Air untuk Kehidupan di Dusun Macanmati, Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang, Gunungkidul (Foto: Dok.Dompet Dhuafa)

Namun jika tidak dilengkapi dengan pendekatan konservasi, sumber mata air tersebut bisa terkuras menjadi bahaya laten pada di tahun-tahun mendatang.

Haryo mengatakan, melihat kenyataan tersebut, DMC Dompet Dhuafa melalui kampanye Air Untuk Kehidupan, mengajak seluruh pihak turut serta menjadi tangan kebaikan bagi kesejahteraan masyarakat Gunungkidul dengan turut membantu:

1. Optimalisasi Komite Air di masing-masing dusun dengan pelatihan pelestarian dan pemanfaatan sumber mata air untuk bidang ekonomis yang ramah lingkungan.
2. Melakukan penanaman tanaman rekomendasi seperti Bambu, Sukun, Aren dan taman lainnya yang mampu membuat kualitas air lebih baik. Sekaligus penguatan kapasitas warga terkait konservasi sumber air (Kelompok Pengelola Sumber air dan Kelompok Konservasi SDA).

Baca Juga: Penampakan Empat Embung yang Dibangun Kementerian PUPR di Bantul dan Sleman

3. Peningkatan kondisi sosial dan ekonomi diarahkan pada peningkatan sektor pariwisata serta penguatan modal sosial yang dimiliki masyarakat hingga membentuk suatu koperasi masyarakat.
4. Mengaktivasi sumber-sumber mata air lain selain sumur bor agar warga punya alternatif sumber air yang banyak apalagi di musim kemarau melalui upaya konservasi di lahan sekitar sumber air.
5. Melakukan konservasi yang lebih menyeluruh di kawasan sekitar gua sebagai sumber mata air alternatif dengan menjaga agar debit air tetap terjaga bahkan meningkat dengan menanam vegetasi yang bisa menyimpan dan menyaring air dan jenis tanaman yang juga bisa dimanfaatkan warga.
6. Membuat reservoar-reservoar (bak penampungan transit) untuk memaksimalkan air bisa sampai ke warga. Salah satunya dengan mengaktivasi tadah hujan beton berbentuk persegi milik dusun berkapasitas 25.000 liter tapi sudah mengalami kebocoran sehingga perlu direvitalisasi.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Resmikan Program Penyediaan Hijauan Pakan Ternak di Gunungkidul

7. Terakhir mendorong pembuatan peraturan dusun yang isinya itu adalah izin membuat bangunan, pelestarian tanaman langka, konservasi sumber daya alam dan pemberdayaan UMKM.

Haryo mengatakan, layanan yang dilakukan yakni pendampingan dan penguatan kapasitas masyarakat lokal melalui penguatan Komite Air di tiap-tiap Dusun. “Masyarakat bisa menjadi turut dalam program kebaikan ini. Mari berikan penghidupan yang lebih baik bagi masyarakat dengan memenuhi kebutuhan dasar mereka akan air bersih,” ajaknya.

DMC Dompet Dhuafa pada 2021 pernah mengadakan pipanisasi dari sumber mata air di Dusun Macanmati. Melalui program Air untuk Kehidupan program akan kembali ditingkatkan dengan pematangan program yang lebih mutakhir.

“Ternyata tanah yang ada di wilayah kita ini bisa menyerap karbon. Makanya perlu ini kita jaga, jadi mari kita saling bertekad wujudkan program konservasi ini supaya nanti masih ada untuk anak cucu kelak,” terang Purwanto.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial.

Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *