Pesan Bupati Halim Jelang Pemilihan Lurah Serentak Bantul 2022

  • Whatsapp
Abdul Halim Muslih
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. (Foto: Dok. Pemkab Bantul)

BacaJogja – Pemilihan lurah di Kabupaten Bantul 2022 dilakukan secara serentak pada 25 September mendatang. Tercatat ada 21 dari 75 kalurahan di Bumi Projotamansari akan melakukan pesta demokrasi ini, salah satunya Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo. Di Kalurahan Jatimulyo ini diisi oleh empat bakal calon lurah.

Pemkab Bantul memberi perhatian pada pelaksanaan pemilihan lurah serentak ini. Khususnya antisipasi konflik yang rentan terjadi pada masa dan tahapan pemilihan.

Read More

Baca Juga: Pesan Bupati, Kapolres dan Dandim Menyikapi Hasil Pilur Serentak di Kulon Progo

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mewanti-wanti agar semua calon lurah harus menyiapkan mental. “Hatine ditata. Jangan sampai ada yang kalah, susah dan sedihnya berlebihan,” ucapnya saat menghadiri Deklarasi Damai Pemilihan Lurah Jatimulyo yang digelar di Kompleks Balai Dusun Dungdayak, Minggu, 11 September 2022.

Halim menyatakan kekalahan dalam pesta demokrasi itu hal yang lumrah. Selain itu, Halim berharap kepada masyarakat agar mendukung program siapapun calon yang menang dalam pemilihan. Di sisi lain, masyarakat juga harus menghormati dan menghargai calon yang kalah. “Calon yang kalah itu juga berjasa dalam membangun demokrasi di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Datangi Kejari Sleman, Warga Pertanyakan Transparansi Pembangunan Gedung Kelurahan Purwomartani

Pada kesempatan itu, Halim mengapresiasi Pemuda Gumbregah Jatimulyo yang telah menginisiasi deklarasi damai pemilihan lurah ini. Keberadaan kelompok anak muda yang berinisiatif untuk menggelar kegiatan positif itu cukup melegakan.

“Namu langkah pemuda dan masyarakat ini harus dilanjutkan pasca Pilurdes Bantul 2022. Saya berharap Jatimulyo ini jadi teladan demokrasi yang dewasa, damai, dan penuh persahabatan,” ujar Halim.

Baca Juga: Menengok Kegiatan Bank Sampah Sinoman Akur Seyegan Sleman Yogyakarta

Koordinator kegiatan, Irvantoro Aziz mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk harapan terselenggaranya pemilihan lurah yang damai di wilayahnya. Kegiatan pada Minggu pagi itu diawali dengan senam sehat, dan pertunjukan kesenian.

Pada kesempatan ini, para calon lurah menandatangani kesepakatan Pilurdes Bantul 2022 yang damai. Sebelumnya disampaikan juga orasi anak yang banyak menyinggung tentang harapan generasi muda terhadap kemajuan Kalurahan Jatimulyo. “Kami meminta komitmen dari para calon, tim, dan pendukung untuk menjaga kesatuan dan kerukunan di Kalurahan kami ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Viral Curhat Pegawai Kelurahan di Sleman Diberhentikan, Ternyata…

Penyelenggaraan Pilurdes Bantul 2022 ini menjadi tanggung jawab pemerintah masing-masing kalurahan. Kemudian Badan Musyawarah Kalurahan (Bamuskan) sebagai pelaksana. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *