Flash Mob 100 Dalang Cilik di Malioboro Yogyakarta

  • Whatsapp
flash mob 100 dalang cilik jogja
Tiga dari 100 dalang cilik menampilkan pertujukan flash mob di depan Mall Malioboro Yogyakarta pada Selasa, 4 Oktober 2022. (Foto: Rizki Rahmadita)

BacaJogja – Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menyelenggarakan acara pertunjukan flash mob 100 dalang cilik. Event ini merupakan salah satu acara untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Yogyakarta.

Acara ini diselenggarakan di ujung utara Malioboro Yogyakarta pada pukul 16.00. Tema acara ini adalah “Flashmob Ambur-amburan Gathotkaca”.

Read More

Baca Juga: Kemeriahan Flash Mob Beksan Wanara HUT ke-266 Kota Yogyakarta

Sebanyak 100 dalang cilik telah berlatih dan berproses selama kurang lebih 1 bulan untuk mempersiapkan acara ini. Anak-anak pada acara ini menggunakan baju adat jawa baik laki-laki maupun perempuan. Semangat dan rasa bahagia mereka terlihat ketika menampilkan pertunjukan flash mob walaupun panas matahari sore menyinari mereka.

Pertunjukan flash mob juga tidak hanya dilakukan satu kali. Mereka duduk di posisi masing-masing dari depan Kantor DPRD Kota Yogyakarta sampai depan Mall Malioboro. Setiap anak membawa satu wayang.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas dan Kantong Parkir Wayang Jogja Night Carnival 2022

Acara ini juga dihadiri oleh 77 fotografer karena terdapat juga Lomba Fotografi Wayang yang mengusung tema “Malioboro 1.000 Kelir” dengan hadiah yang menarik.

Acara ini juga menjadi ajang melestarikan budaya pada anak-anak, khususnya wayang. Pada zaman sekarang, banyak anak-anak yang sudah mengabaikan budaya. Mereka, 100 dalang cilik ini merupakan anak-anak yang masih peduli terhadap pelestarian budaya, khususnya wayang.

Baca Juga: Ini Rute Wayang Jogja Night Carnival 2022, Anda Mau Nonton di Mana?

Seluruh masyarakat dan wisatawan hadir melihat acara ini. Untuk masyarakat dan wisatawan yang ingin belajar dan berlatih perwayangan atau perdalangan, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta telah membuka pelatihan dan kelas pada setiap hari Minggu.

Artikel dikirim oleh Rizki Rahmadita, Mahasiswi ASMI Santa Maria Yogyakarta Program Studi Public Relations

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *