Mengenal Anton Cahyo, Mahasiswa UNY asal Klaten Kapten Timnas Futsal U-20

  • Whatsapp
Kapten Timnas Futsal U-20
Anton saat berhasil menjadi runner up pada Liga Futsal Profesional 2020 (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Anton Cahyo Nugroho atau kerap disapa Anton, lahir di Klaten pada 22 Juli 1997. Anton merupakan putra dari Ignasius Bayu Dewanto yang bertempat tinggal di Puri Hutama, Danguran, Klaten Selatan, Klaten.

Sosoknya bisa disebut salah satu putra kebanggaan Kabupaten Klaten karena berkat prestasinya di dunia futsal. Prestasi futsal dimulai ketika ia duduk di bangku kelas 4 SD. Dia mulai tertarik pada dunia sepak bola dan bergabung dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Depo Putra Wijaya sampai SMA.

Read More

Selamat Muswil MES

Baca Juga: Jesicha Putri Larasati, dari Melihat Kini Jadi Atlet Segudang Prestasi

Tepat pada tahun 2013, Anton mulai tertarik untuk terjun ke dunia futsal karena karier sepak bola hanya mentok sampai tingkat provinsi saja. Selain itu karena dirasa waktu untuk bermain futsal lebih fleksibel, bisa siang, sore, atau bahkan malam hari.

Mulai dari situ, Anton bertekad untuk menekuni dunia futsal, ia mulai fokus belajar dan berlatih. Berkat usaha dan tekadnya untuk berlatih, pada tahun 2014 ia berhasil menjuarai Kejuaraan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Prestasi ini dijadikan tombak dan semangat untuk lebih mendalami dan giat berlatih futsal.

Baca Juga: Daftar Juara Umum Porda DIY dari Tahun ke Tahun

Di tahun 2015, ia berhasil lolos SNMPTN berkat piagam kejurdanya dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Negeri Yogyakarta jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Saat memasuki dunia perkuliahan, ia mulai aktif mengikuti event-event antar kampus tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Pada tahun 2017, ia berkesempatan mengikuti seleksi Tim BJL 2000 Shiba untuk mengikuti Liga Profesional Indonesia dan akhirnya terpilih dan masuk squad. Pada waktu itu dia menjadi pemain dengan usia paling muda di antara teman-temannya yang lain.

Baca Juga: Atlet Panahan dan Pencak Silat Asal Bantul Raih Medali SEA Games Vietnam

Setelah liga bergulir, ia pun terpilih menjadi kapten dari Timnas Futsal U-20 yang akan bertanding di liga Asia Futsal Championship (AFC) dan akan bermain di Thailand. Disitulah karirnya mulai bersinar di dunia futsal.

Berikut adalah sedikit cerita singkat perjalanan karir profesionalnya :
– 2017 Profesional Futsal League (BJL Shiba 2000)
– 2017 Timnas Futsal AFC U-20 Thailand
– 2017 Timnas Futsal Seagames Malaysia
– 2017 AFF Futsal Club (Shah United Brunei Darussalam)
– 2018 Profesional Futsal League (Permata Indah Manokwari) 3rd Place
– 2019-2021 Profesional Futsal League (SKN FC Kebumen) 2nd place
– 2022 Malaysia Profesional Futsal League (TRW Kelantan)
– 2022 Piala Malaysia Futsal (Selangor TOT) 3rd place.

Baca Juga: Stabita Bilkis Erza’zani, Atlet Muda Panahan Masa Depan Asal Pemalang

Anton berharap ke depan semakin banyak anak muda yang terjun dan menggeluti dunia futsal, agar para penerus futsal dapat semakin berkembang dan lebih maju.

Selain itu, saat ini futsal juga sangat berpotensi dan bisa dijadikan pekerjaan. “Berlatih dan bekerja keras adalah modal yang sangat penting bagi anak muda dalam mengejar karir di bidang olahraga, jadi fokus dengan tujuan dan selalu yakin pada setiap proses yang sedang dijalani,” pesannya untuk seluruh anak muda yang sedang berjuang meraih mimpinya. []

Artikel dikirim oleh Nunis Setyaningtyas, Mahasiswa Prodi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Related posts