Mengenal Bagian Penting Gitar Klasik

  • Whatsapp
gitar klasik
Ilustrasi gitar klasik. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Gitar klasik adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan dipetik. Gitar klasik memiliki ciri khas tersendiri yang salah satunya yaitu menggunakan senar nylon sama yang memiliki 19 fret dan 6 senar.

Pada umumnya ukuran standar gitar klasik yaitu 4/4 karena dapat memberikan suara yang lebih kuat dan hangat. Ada beberapa bagian penting dalam gitar klasik di antaranya:

Read More

1. Head/kepala
Dalam Head gitar sendiri terdapat bagian tuning mesin dan nut. Tuning mesin ini berguna untuk mengatur tarikan atau tinggi atau rendahnya senar umtuk mendapatkan standar nada atau nada yang kita inginka. Nut berfungsi sebagai bantalan senar terhadap finger board. Umumnya dalam head gitar ini mempresentasikan sebuah brand atau merek gitar dan sekaligus menjadi pembeda antara brand yang lain.

Baca Juga: Khocil Birawa, Wartawan Senior Yogyakarta Rilis Lagu Maturnuwun

2. Neck
Dalam neck gitar terdapat beberapa bagian yaitu finger board. Finger board sebagai batasan ukuran nada. Pada umumnya di dalam neck pada sebuah gitar terbuat dari kayu solid yang memiliki kualiats dan bahan pilihan.

3. Body
Body gitar merupakan faktor penting dari alat musik ini, karena dalam body gitar menjadi faktor penentu suara yang dihasilkan. Pada body gitar yaitu penghubung heel, sound hole gitar, sedle, sond board/top. Penghubung hell adalah penghubung antara bagian leher dengan bagian body.

Sound hole merupakan lubang penghasil suara gitar. Sedle merupakan komponen yang ada di dalam bride gitar yang berfungsi sandaran senar menuju ke nut. Sound board merupakan bagian body gitar yang terbuat dari kayu.

Baca Juga: Pendaftaran Starkidz dan Starteenz Dibuka, Prima Founder Records Siapkan 240 Lagu

4. Komponen penting lainnya
– Senar
Pada gitar klasik memakai Senar nylon, untuk senar nylon sendiri memiliki ciri khas suara yang lebih bulat dibandingkan senar string yang lebih myaring dan bright.

– Foot Stool
Alat ini merupakan alat tambahan dalam bermain gitar klasik, alat ini di gunakan sebagai tumpuan kaki, selain itu foot stool juga berfunngsi umtuk memberi kenyamanan dalam bermain gitar klasik.

Dari uraian di atas dapat kita ketahui bawasannya ada bebrapa komponen gitar klasik yang mempunyai fumgsi tersendiri. []

Artikel dikirim oleh Adam Perdana, mahasiswa Jurusan Seni Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *