Kronologi dan Identitas Korban Longsor Galian Pondasi Talut di Sleman

  • Whatsapp
galian talut di sleman longsor
Galian talut untuk perumahan di Sleman longsor tadi sore. (Fot: Basarnas)

BacaJogja – Proyek galian untuk pondasi talut di Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta tiba-tiba longsor pada Senin, 2 Januari 2023 sore. Saat kejadian, ada tujuh pekerja proyek sedang bekerja di lokasi tersebut.

Proyek galian untuk pondasi talut ini rencananya untuk permukiman perumahan Sumber Baru Land. Lokasi tidak begitu jauh dari dari Kompleks Candi Gebang di Dusun Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Read More

Baca Juga: Proyek Bangunan di Wedomartani Sleman Longsor, 4 Orang Tertimbun

Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto berdasarkan assesment Tim Reaksi Cepat BPBD Sleman, kronologi kejadian nahas ini terjadi pada pukuk 15.00 WIB. Pekerja bangunan sedang membuat galian untuk pondasi talud dengan kedalaman 7 meter.

Kondisi tanah labil berupa tanah urug baru dan mengandung pasir. Saat para pekerja sedang menggali tanah tiba-tiba tanah lonsgor dan menimpa tujuh pekerja.

Baca Juga: Dua Truk beserta Sopir Tertimbun Longsor di Kali Woro Klaten

Tiga pekerja berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan empat pekerja tertimpa longsoran. Empat pekerja yang tertimpo longsoran yakni:
1. Karsono, 50 tahun, warga Kaluraan Nglora, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul
2. Karju, 40 tahun, warga Kaluraan Nglora, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul
3. Dodi, 53 tahun, warga Garotan, Kapanewon Semin, Gunungkidul
4. Surya, 32 tahun, warha Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca Juga: Tebing Jalan Wonosari Dekat Bukit Bintang Longsor Lagi, Jalan Tutup Total

Menurut Pipit, ari empat yang tertimpa longsoran ini, dua orang berhasil diselamatkan para pekerja lainnya. “Dari dua korban, satu berhasil dievakausi petugas pada pukul jam 16.06 WIB. Sedangkan satu korban masih proses pencarian,” katanya.

Informasi yang dihimpun, pekerja galian talut ini untuk perumahan Sumber Baru Land. Pengawas proyek Gunadi dan mandor proyek Sajimin, warga Garotan, Bendung, Semin, Gunungkidul. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *