Waspada Cuaca Ekstrem 6-12 Februari, Ini Daerah Status Siaga dan Waspada di Indonesia

  • Whatsapp
ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem di Indonesia pada 6-12 Februari 2023. BMKG mendeteksi kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

“Kondisi ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem di sejumlah daerah selama sepekan ke depan, 6-12 Februari 2023,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu, 5 Februati 2023.

Read More

Menurut dia, tiga bibit sikon tersebut masing-masing, Bibit Siklon Tropis 94S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengam kecepatan angin maksimum 30 knot, dan tekanan udara minimum 1000.2 mb. Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori sedang.

Baca Juga: Duka Presiden Jokowi untuk Korban Siklon Tropis Seroja di NTT

Kedua, Bibit Siklon Tropis 95S yang terpantau berada di Samudra Hindia sebelah Selatan Banten dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1004.2 mb. Sistem ini bergerak ke arah Barat dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori Rendah.

Dan ketiga, Bibit Siklon Tropis 97S yang terpantau berada di Samudra Hindia Selatan NTB dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1002.8 mb. Sistem ini bergerak ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori Rendah.

Baca Juga: Siklon Tropis Surigae Meningkat, 9 Provinsi Minta Waspada

“Kemunculan tiga bibit siklon tropis ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis,” kata Dwikorita.

Deputi Meteorologi Guswanto menerangkan, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah dengan potensi Siaga potensi dampak hujan lebat periode tanggal 6 – 7 Februari 2023 perlu diwaspadai di sebagian wilayah di bawah ini:
– Banten
– Nusa Tenggara Barat
– Nusa Tenggara Timur
– Sulawesi Utara
– Maluku Utara
– Maluku

Baca Juga: Jateng dan Tiga Provinsi Lain Diminta Waspada, Siklon Tropis Seroja Meningkat

Dia mengatakan, khusus Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah dengan potensi waspada dan siaga potensi dampak hujan lebat periode tanggal 6 – 7 Februari 2023 perlu diwaspadai di sebagian wilayah di bawah ini:
Siaga:
– Sumba Barat
– Sumba Timur
– Manggarai
– Manggarai Barat
– Sumba Barat Daya

Baca Juga: Siklon Tropis Seroja Menurut Peneliti UGM Yogyakarta

Waspada:
– Sumba Tengah, Ende, Nagekeo, Manggarai Timur, Kota Kupang, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, Belu, Kupang, Timor Tengah Utara, , Alor, Rote Ndao, Malaka, Flores Timur, Sumba Timur.

Sedangkan, kondisi cuaca periode sepekan periode tanggal 6- 12 Februari 2023 perlu diwaspadai :
Potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah :
– Aceh
– Sumatera Utara
– Banten
– Jawa Barat
– Jawa Tengah
– Jawa Timur
– Bali
– Nusa Tenggara Barat
– Nusa Tenggara Timur
– Kalimantan Tengah
– Kalimantan Timur

Baca Juga: BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis, Ini Dampak Bagi Indonesia

– Sulawesi Utara
– Sulawesi Tengah
– Sulawesi Selatan
– Sulawesi Tenggara
– Maluku Utara
– Maluku
– Papua Barat
– Papua

Guswanto mengatakan, kemunculan tiga bibit siklon ini juga berpotensi mengakibatkan gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia pada 6 – 12 Februari 2023. “Tinggi gelombang bervariasi mulai dari 1,25 – 6 meter,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *