Bahaya, Warga Dilarang Berhenti di Jembatan Kretek II Bantul

  • Whatsapp
jembatan kretek 2 bantul
Terlihat warga sedang berhenti di Jembatan Kretek II Bantul. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Jembatan Kretek II yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Bantul sudah dibuka selama 24 jam. Jembatan yang berada jalur pantai selatan Jawa ini menghubungkan antara Parangtritis dan Samas dengan melintasi di atas Sungai Opak.

Pemandangan di sekitarnya bagus. Tak heran banyak warga yang berhenti di atas jembatan sambil menikmati pemandangan yang ada. Sayangnya, warga yang berhenti di atas jembatan ini membayakan bagi mereka, demikian juga pengguna kendaraan yang melintas.

Read More

Baca Juga: Uji Coba Jembatan Kretek 2 Bantul, Ini Spesifikasinya

Pemkab Bantul melalui akun fanspage Facebook @pemkabbantul meminta warga tidak berhenti di atas jembatan.

“Hallo sedulur Bantul..
Jembatan Kretek 2 sudah dibuka selama 24 jam, mbok ya minta tolong jangan berhenti di pinggir pinggir jembatan, karena berhenti di jembatan akan membuat beban yang disangga jembatan akan semakin besar. Padahal jembatan dibangun untuk menyangga beban dinamis, bukan beban statis.
Yuk mari kita patuhi peraturan, demi keselamatan dan kenyamanan bersama, kalau
sedulur mau foto monggo bisa dari Laguna View Depok/tempat wisata sekelilingnya njih !!
Video dari Sedulur Bantul”.

Baca Juga: Jembatan Kretek 2 Bantul untuk Kelancaran Arus Mudik Hari Ini Dibuka

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan, dibangunnya infrastruktur yang baik merupakan salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi. dia mengimbau kepada masyarakat di sekitar jembatan agar turut menjaga dan merawat jembatan ini. Warga diminta tidak melakukan aktivitas ekonomi di bahu jalan dan jembatan yang menjadi ikon baru di Kabupaten Bantul.

“Jangan gunakan bahu jalan dan jembatan untuk aktivitas ekonomi. Selain berbahaya, juga akan mengurangi estetika Jembatan Kretek 2 yang sudah menjadi ikon di Kabupaten Bantul,” kata bupati.

Baca Juga: Jembatan Glagah JJLS Kulon Progo Rusak Parah, Motor Masih Boleh Lewat

Seperti diketahui, Jembatan Kretek II mulai dibuka untuk uji coba fungsional mulai Selasa, 31 Januari 2023. Jembatan terdiri dari empat lajur dan dua arah ini juga dilengkapi dengan jalur sepeda dan pejalan kaki. Jembatan sudah dilengkapi dengan penerangan jalan karena beroperasi selama 24 jam. Di sekitar jembatan juga dihiasi ornamen dan art lighting keren.

Panjang Jembatan Kretek 2 ini kurang lebih 600 meter. Namun total penanganan dari Kementerian PUPR sepanjang 2,6 kilometer. Jembatan ini berada pada wilayah Sesar Aktif Opak yang memiliki potensi bencana gempa bumi, sehingga dirancang mampu menahan gempa.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *