Catat, Ada Festival Apem Sarkem Fest 2023 di Pasar Kembang Yogyakarta

  • Whatsapp
sarkem fest 2023
Sarkem Fest 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Festival Sarkem atau Sarkem Fest 2023 sudah di depan mata. Event yang dipusatkan di kawasan Pasar Kembang (Sarkem) Malioboro, Kalurahan Sosromenduran, Kemantren Gedongtengen, Kota Yogyakarta ini digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu, 11-12 Maret 2023.

Tentu geralan event tahun ini lebih menarik dan lengkap. Ragam acara Sarkem Fest 2023 ini antara lain festival Apem Pasar Kembang. Event ini dikolaborasikan dengan kegiatan ruwahan apeman di Sosromenduran.

Read More

Baca Juga: Sarkem Fest Digelar di Kawasan Malioboro Jogja, Kolaborasi Ruwahan Apem

Selain itu, ada juga parade Sarkem Kemilau, Bazaar Ekonomi Kreatif Pentas Seni Budaya, Pojok Foto Sarkem, Musik Orkestra dan Food Truck Festival.

Pada acara FGD awal Februari 2023 lalu, Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi mengatakan, Festival Sarkem sudah memiliki modal dari branding nama Sarkem yang sudah identik dengan Yogyakarta. Sarkem sudah punya nama besar.

Baca Juga: Keindahan dan Keunikan Budaya Yogyakarta Tersaji di Jogja Manggatra 2023

Meski dulu ada stigma negatif terhadap Sarkem, namun nama itu sudah dikenal masyarakat. “Perlu mengubah melalui Festival Sarkem dengan menampilkan hal yang unik yang tidak ada di daerah lain,” kata Sumadi.

Pemkot Yogyakarta berharap para pelaku di wilayah Sarkem mengedepankan aspek pemberdayaan untuk menumbuhkan sesuatu yang unik dalam Festival Sarkem 2023. Apalagi Sarkem di wilayah Sosromenduran lokasinya berada di sayap atau sirip Malioboro.

Baca Juga: Daftar Event di Yogyakarta Hari Ini: dari Konser Musik, Sepak Bola hingga Balap Motor

“Sesuai keinginan menjadikan Sarkem yang bermartabat, kita ubah image Sarkem yang dulu negatif menjadi sesuatu yang bisa menjadi daya pikat,” ujarnya.

Pelaksanaan Festival Sarkem pada tahun ini adalah menjadikan Sarkem Berdaya dan Sarkem Berjaya. Itu artinya Festival Sarkem diharapkan akan memberdayakan semua elemen di wilayah Pasar Kembang, sehingga semua semakin jaya atau sejahtera. “Kami juga berharap Festival Sarkem akan menarik wisatawan,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Muhammad Zandaru.

Baca Juga: Nyadran Makam Sewu dan Melasti, Dua Event Budaya di Bantul Digelar Maret 2023

Edi Subagio selaku pelaku seni di Sosromenduran mengatakan, pada event Sarkem Fest ini, pihaknya melibatkan wisatawan mancanegara. “Kami sudah koordinasi dengan hotel-hotel sekitar jika ada tamu wisatawan mancanegara yang menginap kita ajak nonton Sarkem Festival,” ucapnya.

Rencananya mengajak komunitas di Sarkem untuk ikut Festival Sarkem. Ajakan diharapkan bisa mendorong untuk melakukan hal positif, “Kita ajak, kita uwongke. Harapannya bisa positif karena kami ingin agar Sarkem tidak negatif,” kata dia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *