Empat Nama Calon Wakil Presiden Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024

  • Whatsapp
PKS DIY(2)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat memberikan keterangan pers di DPW PKS DIY Jalan Gambiran Umbulahrjo, Kota Yogyakarta, Minggu, 5 Maret 2023. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan akan mengajukan masing-masing satu nama bakal calon presiden pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Anies Baswedan juga akan mengajukan satu nama.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyatakan, pada prinsipnya Koalisi Perubahan sudah menetapkan dan menyepakati Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden. Kemudian masing-masing calon wakilnya akan diusulkan oleh masing-masing partai pungusung.

Read More

Baca Juga: Ribuan Orang Padati Ganjar Pranowo Festival #6 di Mandala Krida Yogyakarta

Pak Anies Baswedan juga mengusulkan nama. Jadi kemungkinan ada empat nama yang diusulkan,” katanya saat membuka Sekolah Kepemimpinan Politik Bakal Calon Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di Yogyakarta, Minggu, 5 Maret 2023.

Dia mengatakan, nama-mama bakal calon wakil presiden yang diusulkan tersebut akan ditampung, dikaji dan didiskusikan. Tidak ada prioritas dalam penentuan siapa yang akan menjadi pasangan Anies Baswedan. “Semua akan ditampung lebih dulu. Jika memungkinkan juga digelar survei mana paling mungkin mendampingi,” jelasnya.

Baca Juga: Forum Kabah Membangun Deklarasi Dukung Anies Baswedan, Usul Cawapres TNI

Yang pasti, kata dia, calon pendamping Anies Baswedan punya beberapa kriteria. Antara lain ada chemistry dengan Anies Baswedan. “Jangan sampai bakal calon wakil presidennya tidak sejalan dengan visi dan misi Presiden,” ungkapnya.

Kriteria lain dari PKS, cawapres pendamping Anies Baswedan adalah sosok yang nasionalis religius. “Kriteria lainnya agar punya probabillity to win yang besar. Jangan sampai dipasangkan malah menegasikan, saling supor untuk meningkatkan elektabilitas,” katanya.

Reuni Anies-Sandi Pilgub Jakarta ke Pilpres 2024?

Lebih lanjut Ahmad Syaikhu mengungkapkan, selama ini banyak nama-nama tokoh yang masuk radar sebagai pendamping Anies Baswedan. Semua akan ditampung lebih dulu, termasuk ada yang mengusulkan nama Sandiaga Uno.

“Sandiaga Uno mungkin masuk, karena dulu pernah bersamanan di Pilkada DKI namun karena ada tugas yang lain menjadi berpisah. Anies melanjutkan sebagai Gubernur DKI Jakarta, Pak Sandi maju ke Pilpres sebagai cawapres,” jelasnya.

Baca Juga: Dani Eko Wiyono, Dulu Timses Jokowi Kini Ketua Relawan ANIES Yogyakarta

Dia menegaskan, untuk nama bakal calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan masih lama. Pencalonan pasangan akan diumumkan ke publik pada saat yang tepat. “Masih menunggu timing yang tepat, yang lain saya juga belum mencalonkan cawapresnya, apalagi capresnya. Jangan tergesa-gesa, ojo kesusu,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *