Rekomendasi Event Akhir Pekan di Yogyakarta Maret 2023

  • Whatsapp
event jogja
Ilustrasi event di Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Selamat berlibur dan berakhir pekan. Pada minggu kedua Maret 2023, ada sejumlah event enarik untuk dikunjungi. Bagi yang belum punya agenda mengisi waktu libur, bisa menyimak daftar event di bawah ini.

1. Jogja Violin Festival
Venue: Taman Tebing Breksi Prambanan
Date: Jumat-Sabtu, 10-11 Maret 2023
Event festival ini memadukan kearifan lokal Indonesia dengan musik internasional, Violin. Pada penyelenggaran tahun ke-4 ini mengusung tema “Tala Aksawakya” yang bisa dibilang spesial.

Read More

Baca Juga: Nyadran Makam Sewu dan Melasti, Dua Event Budaya di Bantul Digelar Maret 2023

Jogja Violin Festival ini mengkolaborasikan musik Dangdut dengan Violin. Event Jogja Violin Festival dimeriahkan sejumlah performance artis atau penyanyi Tanah Air; antara lain Woro Widowati, King Gaseng, FAS, Okky Kumala, Vicky Prasetyo.

Mereka berkolaborasi dengan komunitas-komunitas yang ada di Indonesia yakni Mellia, Aesha and Band, Ndogkampung, Aurelio Azka Raziq, Kivandra Band, Lintang Project, Komunitas Biola Jogja, Symphonima, Firman Putra Suaka, Alit JAbangbayi, Gita Seurane, GAJ, Aisha Dama Candrika, Barongsai Singa Mataram, Azza Koto, Sanggar Qinanty, Sulthan Jathilan Seniman Muda Sambirejo.

Baca Juga: Daftar Lengkap Event di Yogyakarta Selama Maret 2023

2. Sarkem Fest 2023
Veneu : Jalan Sarkem-Jalan Sosromenduran
Date: Sabtu-Minggu, 11-12 Maret 2023
Tentu nama Sarkem sudah tidak asing di telinga Anda. Branding nama Sarkem yang sudah identik dengan Yogyakarta, bakal diangkat melalui event bertajuk “Menyapa Rasa, Menggapai Martabat” ini.

Meski dulu ada stigma negatif terhadap Sarkem, namun kawasan ini memiliki banyak potensi wisata dan nilai-nilai budaya. Salah satunya adalah festival Apem Pasar Kembang yang dikolaborasikan dengan kegiatan ruwahan apeman di Sosromenduran.

Baca Juga: Catat, Ini Daftar Event Akhir Pekan di Yogyakarta

Selain itu, ragam event lain di Sarkem Fest 2023 yakni Parade Sarkem Kemilau, Bazaar Ekonomi Kreatif Pentas Seni Budaya, Pojok Foto Sarkem, Musik Orkestra, Food Truck Festival, Tarian Tradiisional, Pentas Seni Budaya dan lainnya.

3. JIFFINA
Venue: Jogja Expo Center (JEC)
Date: Sabtu-Selasa, 11-14 Maret 2023

JIFFINA atau Jogja International Furniture & Craif Fair Indonesia merupakan salah satu pameran mebel dan kerajian berskala internasional terbesar di Indonesia.
Pameran dengan mengusung tema “Gaya Hidup Inovasi untuk Hutan Berkelanjutan” ini menampilkan berbagai macam produk lebih dari 300 peserta. Produk yang dipamerkan antara lain rotan terbaik, furnitur luar ruang, dekorasi rumah dan lainnya.

Baca Juga: Daftar Event di Yogyakarta Hari Ini: dari Konser Musik, Sepak Bola hingga Balap Motor

Pameran ini menegaskan kekuatan dan popularitas furnitur Indonesia yang semakin meningkat di pasar global dan telah menyiapkan panggung untuk pertunjukan yang lebih besar. Sekarang JIFFINA dianggap sebagai salah satu pameran furnitur dan kerajinan yang harus dihadiri di Asia karena merupakan bagian dari lingkaran kehidupan Asia Furniture Show pada Maret 2023 ini.

4. Pameran Kala Nara Karma
Lokasi : Taman Budaya Yogyakarta
Waktu : Minggu – Sabtu, 12-18 Maret 2023

Pameran akbar bertajuk Kala Nara Karma ini ini dilatarbelakangi kasus kebencanaan kota baik dalam sisi arsitektur atau aspek lingkup sekitarnya yang bisa saja mendatangkan karma.

Baca Juga: Event Konser Musik Hari Ini di Yogyakarta: Superman Is Dead

Melalui pameran ini, membawa pengunjung menikmati karya seni dan edukasi dari perspektif calon arsitek dengan harapan membuka pandangan lebih luas terkait bangunan tanggap bencana ataupun isu di dalam perkotaan. Pameran ini dibagi menjadi tujuh kawasan dengan lima bencana di dalamnya beserta dua kawasan representatif. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *