Daftar Acara Sarkem Fest 2023 Selain Festival Apem Sosromenduran Yogyakarta

  • Whatsapp
Ilustrasi Sarkem Jogja
Jalan Pasar Kembang Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Event menarik yang ditunggu-tunggu akhirnya hadir di Kota Yogyakarta. Festival Sarkem atau Sarkem Fest 2023 digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu, 11-12 Maret 2023.

Tentu nama Sarkem sudah tidak asing di telinga Anda. Branding nama Sarkem yang sudah identik dengan Yogyakarta, bakal diangkat melalui event bertajuk Menyapa Rasa, Menggapai Martabat ini.

Read More

Baca Juga: Catat, Ada Festival Apem Sarkem Fest 2023 di Pasar Kembang Yogyakarta

Meski dulu ada stigma negatif terhadap Sarkem, namun kawasan ini memiliki banyak potensi wisata dan nilai-nilai budaya. Salah satunya adalah festival Apem Pasar Kembang yang dikolaborasikan dengan kegiatan ruwahan apeman di Sosromenduran.

Selain itu, ragam event lain di Sarkem Fest 2023 yakni :
– Parade Sarkem Kemilau
– Bazaar Ekonomi Kreatif Pentas Seni Budaya
– Pojok Foto Sarkem
– Musik Orkestra
– Food Truck Festival
– Tarian Tradiisional
– Pentas Seni Budaya

Baca Juga:Sarkem Fest Digelar di Kawasan Malioboro Jogja, Kolaborasi Ruwahan Apem

Sebelumnya, Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi pada acara FGD awal Februari 2023 lalu, mengatakan, Pemkot Yogyakarta berharap para pelaku di wilayah Sarkem mengedepankan aspek pemberdayaan untuk menumbuhkan sesuatu yang unik dalam Festival Sarkem 2023.

Apalagi Sarkem di wilayah Sosromenduran lokasinya berada di sayap atau sirip Malioboro. “Sesuai keinginan menjadikan Sarkem yang bermartabat, kita ubah image Sarkem yang dulu negatif menjadi sesuatu yang bisa menjadi daya pikat,” ujarnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Event di Yogyakarta Selama Maret 2023

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Muhammad Zandaru menyatakan, pelaksanaan Sarkem Fest 2023 ingin menjadikan Sarkem Berdaya dan Sarkem Berjaya. Diharapkan dari event inimemberdayakan semua elemen di wilayah Pasar Kembang, sehingga semua semakin jaya atau sejahtera. “Kami juga berharap Festival Sarkem akan menarik wisatawan,” katanya.

Edi Subagio selaku pelaku seni di Sosromenduran mengatakan, pada event Sarkem Fest ini, pihaknya melibatkan wisatawan mancanegara. “Kami sudah koordinasi dengan hotel-hotel sekitar jika ada tamu wisatawan mancanegara yang menginap kita ajak nonton Sarkem Festival,” ucapnya.

Baca Juga: Keindahan dan Keunikan Budaya Yogyakarta Tersaji di Jogja Manggatra 2023

Rencananya mengajak komunitas di Sarkem untuk ikut Festival Sarkem. Ajakan diharapkan bisa mendorong untuk melakukan hal positif, “Kita ajak, kita uwongke. Harapannya bisa positif karena kami ingin agar Sarkem tidak negatif,” kata dia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *