Bantuan Pegadaian untuk UGM, Sarpras Gerai Kopi Sekolah Vokasi Departemen Ekonomika dan Bisnis 

  • Whatsapp
bantuan pegadaian kanwil semarang
Pegadaian Kanwil XI Semarang berikan bantuan sarpras ke Gerai Kopi Edu Notes Edu Coffe Sekolah Vokasi Departemen Ekonomika dan Bisnis UGM. (Foto: Ist)

BacaJogja – PT Pegadaian Kanwil XI Semarang melaksanakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) di lingkungan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Bantuan berupa sarana dan prasarana (sarpras) ke Gerai Kopi Edu Notes Edu Coffe Sekolah Vokasi Departemen Ekonomika dan Bisnis.

Bantuan Pegadaian ke UGM diberikan langsung oleh Pemimpin PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Nuril Islamiah, yang diwakili Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Semarang, Yohanes Wulang, kepada Direktur Utama PT Gama Multi Usaha Mandiri, Ibnu Gunawan, selaku pengelola gerai kopi, Jumat, 10 Maret 2023.

Read More

“Bantuan ini merupakan CSR dari Pegadaian melalui program Pegadaian Peduli. Di antaranya rak, instalasi almari, kulkas dan lainnya,” katanya melalui Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Semarang, Yohanes Wulang.

Baca juga: Pegadaian Kanwil XI Semarang Gelar Rakerwil di Solo, Bahas Strategi Bisnis di 2023

PT Pegadaian sendiri mulai menyasar kalangan milenial untuk pengembangan bisnisnya. Dengan menggandeng Gerai Kopi Edu Notes Edu Coffe yang pembelinya dari kalangan mahasiswa maka menjadi akses perseroan menyasar market milenial.

Melalui Gerai Kopi Edu Notes Edu Coffe Sekolah Vokasi Departemen Ekonomika dan Bisnis UGM, Pegadaian menawarkan konsep edu cafe kepada mahasiswa dan masyarakat umum.

“Kami juga membuka peluang kerjasama dengan konsep inkubator. Yang tak kalah penting yaitu menjadi sarana branding Pegadaian di kalangan milenial,” ujarnya.

Dengan adanya kerjasama tersebut, diharapkan akan muncul usaha-usaha rintisan dari para mahasiswa dan masyarakat umum. Nantinya, Pegadaian akan memberikan pendampingan agar usaha rintisan tersebut berkembang.

“Terkait pendanaan, Pegadaian juga siap memfasilitasi. Pegadaian ada produk KUR Syariah dengan plafon Rp 1 juta sampai Rp 10 juta yang bisa diakses untuk pengembangan usaha,” tambahnya.

Direktur Utama PT Gama Multi Usaha Mandiri, Ibnu Gunawan menyampaikan terima kasih atas bantuan sarana dan prasarana yang diberikan PT Pegadaian Kanwil XI Semarang.

Baca lainnya: Riset Fisipol UGM: 4 Kontribusi PNM Mekaar dalam Penguatan Ekonomi dan Pemberdayaan Perempuan

Gerai Kopi Edu Notes Edu Coffe didirikan dengan konsep edukasi kopi dengan menonjolkan pendidikan untuk mahasiswa di sekolah vokasi. Nantinya, para mahasiswa bisa menggunakan gerai tersebut untuk keperluan praktik.

“Bisa untuk praktik berbagai hal termasuk praktik akuntansi misalnya cara menghitung harga pokok penjualan. Selain kami memberikan pendidikan praktis cara menyeduh kopi atau cara menjadi barista,” kata dia.

Tak hanya untuk praktik, lanjutnya, gerai kopi tersebut juga menjadi wadah menumbuhkan usaha-usaha rintisan atau start up di kalangan mahasiswa. Terlepas dari itu, dengan adanya gerai kopi tersebut, pihaknya ingin meningkatkan layanan kepada mahasiswa khususnya di departemen ekonomi dan bisnis sekolah vokasi UGM.

“Sesuai pesan Pak Nuril, supaya diadakan kontes startup dan kewirausahaan, sudah kami siapkan programnya,” imbuh dia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *