Ikatan Keluarga Gunungkidul Gelar Pameran UMKM Diaspora Yogyakarta

  • Whatsapp
pameran UMKM Diaspora Yogyakarta
Ketua Banhubda Nugrohoningsih tampak sedang belanja di stand pameran UMKM Diaspora Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) kembali dipercaya oleh Badan Penghubung Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Banhubda DIY) untuk menyelenggarakan Pameran UMKM Diaspora Yogyakarta tahun 2023. Sebelumnya, IKG sukses penyelenggaraan Pameran UMKM Diaspora Yogyakarta tahun 2022.

Pameran tahun ini dilaksanakan ditempat yang sama yakni di Mall CBD Ciledug lantai 3. Acara secara resmi dibuka Ketua Banhubda DIY Nugrohoningsih Rabu, 5 April 2023. Pameran UMKM Diaspora Yogyakarta atau Bazaar Ramadan 14344 H atas kerja sama Banhubda DIY dan Ikatan Keluarga Gunungkidul dilaksanakan selama 15 hari yakni mulai pada tanggal 5-19 April 2023 dan diikuti sekitar 60 UMKM IKG.

Read More

Seperti tahun sebelumnya, pembukaan Pameran UMKM Diaspora Yogyakarta atau Bazaar Ramadan Banhubda DIY dan IKG ini dilaksanakan serangkaian kegiatan, antara lain acara buka bersama IKG, santunan yatim piatu warga IKG di Jabodetabek dan hiburan campursari dari Paguruban Seniman IKG (PS IKG).

Baca Juga: LPEI Beri Pendampingan 3.500 Pelaku UMKM, Berhasil Ciptakan 224 Eksportir Baru

Kabid UMKM IKG, Edy Cing menyampaikan bahwa dari sekian ribu UMKM IKG, yang ikut serta dalam pameran kali ini adalah sebanyak 62 UMKM. Lebih jauh Edy Cing menyampaikan peserta pameran tahun ini lebih variatif, tak hanya kuliner saja yang disajikan, melainkan kerajinan, busana muslim, oleh-oleh, pariwisata, dan lainnya. Selain itu selama pameran berlangsung selalu akan diisi dengan mini campursari dari PS IKG serta acara buka bersama dari 18 Kapanewon IKG serta 8 Korwil IKG.

Ketua 1 IKG, Aris Suprobo menyampaikan bahwa, event besar hari ini Ini merupakan kegiatan bersama, yakni selain Pameran UMKM Diaspora DIY juga kegiatan buka bersama dan santunan anak yatim. Dari sisi penyelenggaraan tidak jauh berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu.

Baca Juga: BukuWarung Salurkan Pinjaman Rp350 Miliar, Dorong Inklusi Keuangan dengan Pinjaman Produktif

Ketua Umum IKG, Drs. Eddy Sukirman, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) tahun ini kembali dipercaya oleh Banhubda DIY untuk menggelar event besar Pameran UMKM Diaspora Yogyakarta. Pameran kali ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang baik bagi UMKM IKG, karena jumlah UMKM IKG sangat banyak, sehingga akan dilaksanakan secara bergantian.

Hal yang yang terpenting di sini para peserta bisa mendapatkan kontak bisnis atau networking, sehingga kedepannya akan menjadi lebih berkembang tidak hanya di pasar domestik melainkan di pasar internasional.

“Target dalam pameran kali ini bukan hanya sekedar jualan hari ini berapa dan untung berapa, namun bagaimana dapat terjadi kontak bisnis berkesinambungan yang baik dari sisi networking maupun transaksi. UMKM IKG ini saya harapkan mampu menjadi sokoguru perekonomian IKG, sehingga kedepan IKG yang merupakan paguyuban raksasa ini dapat semakin mandiri dengan tetap guyub dan rukun.” Jelas Eddy Sukirman.

Baca Juga: Puluhan Santripreneur se DIY Pamer Produk pada Festival UMKM Santri di Bantul

Lebih jauh Eddy Sukirman menjelaskan bahwa Selain kegiatan selama 15 hari kedepan, IKG juga menyelenggarakan program mudik gratis bekerjasama dengan berbagai instansi, kemudian di depan akan banyak kegiatan besar yang akan kita laksanakan bersama. Kemudian ada Koperasi IKG yang wajib didukung oleh keluarga besar IKG, karena Koperasi IKG diharapkan menjadi lumbung besar IKG.

“Selain yang saya sampaikan di atas, sebuah kehormatan bagi IKG, karena hari ini kita dihadiri oleh Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi DKI Jakarta Andi Syamsul Zakaria yang akrab disapa Syam Jack untuk melihat bagaimana IKG dalam menjalankan programnya.” Tukas Eddy Sukirman.

Kepala Banhubda DIY, Nugrohoningsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa Banhubda DIY sangat berbahagia dapat bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) dalam pelaksanaan Pameran UMKM Diaspora Yogyakarta. Kedepannya Banhubda DIY berharap IKG akan selalu siap bekerjasama untuk pameran-pameran lainnya.

Baca Juga: 241 Roadshow di Seluruh Indonesia, BukuWarung Optimistis Tingkatkan Digitalisasi UMKM

“Kami berbangga bekerjasama dengan IKG, selain pameran, Banhubda juga ada kegiatan fasilitasi kesenian karawitan yang tentu juga dapat dikerjasamakan. Kami berharap pameran kali ini akan lebih sukses dibanding pameran yang dilaksanakan tahun lalu di tempat ini juga.” Jelas Nugrohoningsih.

Sekretaris Jenderal IKG, Sastro Harjanto menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada Banhubda DIY atas kepercayaannya kepada IKG untuk menghelat event bear Pameran UMKM Diaspora Yogyakarta.

“Terima kasih kepada Banhubda DIY atas kepercayaan dan fasilitas yang diberikan kepada para UMKM IKG, ini merupakan bentuk kepercayaan Pemprov DIY melalui Banhubda atas kinerja organisasi IKG di Jabodetabek. Ini menjadi motivasi dan dorongan bagi pengurus IKG untuk terus menerus mengembangkan paguyuban di bawah binaan Banhubda,’ tegas Sastro.

Baca Juga: Di Balik Event Comeback Stronger 2022 di Kota Magelang

Kabid Humas BPH IKG, Tarsih Ekaputra melihat bagaimana besarnya dukungan dan kepercayaan Banhubda DIY kepada IKG. Hal ini tentu tak hanya menjadi sebuah kebanggaan kelarga besar IKG melainkan sebuah tantangan yang harus dijadikan motivasi dalam menyambut dan menjawab tantangan yang diberikan.

“IKG seperti yang disampaikan Ketua Umum adalah organisasi raksasa, di mana guyub rukun dan gotong royong menjadi roh, sehingga besarnya tantangan dan peluang tentu akan lebih mudah dijalani secara bersama,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *