241 Roadshow di Seluruh Indonesia, BukuWarung Optimistis Tingkatkan Digitalisasi UMKM

  • Whatsapp
panel diskusi BukuWarung
Panel Diskusi (kiri ke kanan): Ayu Anindtry - Head of People BukuWarung, Gufron Syarif - Founder of House, Indra Masruri - Assistant VP Commercial and SME BCA. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – BukuWarung menggelar roadshow ke ratusan kota dan kabupaten di Indonesia. Acara ini dalam rangka mendukung peningkatan literasi keuangan digital untuk masyarakat, termasuk perluasan pengembangan inklusi ekonomi keuangan kepada UMKM.

Roadshow yang akhirnya hadir di Kota Jakarta ini merupakan acara flagship pertama dari 241 pertemuan Kopi Darat (KopDar) merchant di mana BukuWarung melakukan kegiatan pemberdayaan UMKM secara tatap muka setelah pandemi Covid-19 melanda sejak 2020. Acara flagship selanjutnya akan diadakan di kota Medan, Bandung, Pekanbaru dan Lampung, yang rencananya dilakukan pada Februari dan Maret.

Read More

Baca Juga: BukuWarung dan PNM Tandatangani MoU Dorong Digitalisasi UMKM

Romy Williams, VP Strategic Partnership, Compliance and Legal BukuWarung mengatakan, pandemi Covid-19 menjadi momentum mempercepat transformasi digital. Dengan memanfaatkan ekonomi digital, dan dengan peluang pasar Indonesia yang sangat besar, diharapkan semakin banyak UMKM yang dapat berpartisipasi dalam ekosistem ekonomi digital untuk ‘Naik Kelas’.

romy Wiliams
Romy Williams – VP Strategic Partnership, Compliance and Legal BukuWarung. (Foto: Istimewa)

Selain itu, salah satu tantangan digitalisasi UMKM di Indonesia adalah rendahnya tingkat literasi digital, literasi keuangan, dan literasi keuangan digital. Walaupun hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang digelar OJK di tahun 2022 menunjukkan peningkatan, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih di angka 49,68 persen.

Baca Juga: Kejahatan Siber Marak, BukaWarung Berbagi Tips Hindari Penipuan

Menurut dia, hasil survei tersebut juga menunjukkan bahwa indeks literasi di wilayah pedesaan masih di belakang indeks wilayah perkotaan, dengan angka 48,43% dibandingkan wilayah perkotaan di angka 50,52 persen.

Lebih lanjut, hingga saat ini baru sebanyak 20,5 juta UMKM dari total 65 juta UMKM yang sudah masuk atau onboarding ke dalam ekosistem digital. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar bisnis belum memiliki strategi untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka.

Dengan kesenjangan akses digital yang begitu signifikan, tidak heran jika belum semua pelaku UMKM menikmati manfaat dari pertumbuhan ekonomi digital. Dengan melihat permasalahan UMKM serta peluang digitalisasi, maka gotong royong yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dibutuhkan untuk memaksimalkan layanan keuangan untuk mendorong inklusi keuangan dan digitalisasi UMKM.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Ke-3, Pengguna BukuWarung Lebih 8 Juta

Romy mengatakan, sebagai perusahaan startup yang fokus pada UMKM, BukuWarung optimistis upaya peningkatan literasi dan keuangan harus juga dilaksanakan ke daerah-daerah, bukan hanya kota-kota besar saja.

“Melalui roadshow ini, kami mendukung program pemerintah dalam pengembangan ekonomi digital melalui edukasi pemanfaatan layanan keuangan serta literasi keuangan kepada puluhan ribu pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Romy dalam presentasinya dengan tema Usaha Melesat Lewat UMKM Go Digital di Jakarta, Mimggu, 29 Januari 2023.

panel diskusi bukuwarung jakarta
Kiri ke kanan: Ayu Anindtry – Head of People BukuWarung, Gufron Syarif – Founder of House, Indra Masruri – Assistant VP Commercial and SME BCA, Abhinay Peddisetty – CEO BukuWarung. (Foto: Istimewa)

Dia mengatakan, prospek ekonomi digital Indonesia tetap menjanjikan dan UMKM adalah kelompok kunci yang akan membawa Indonesia menjadi pemain ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Peran dan kontribusi BukuWarung terhadap perkembangan UMKM diharapkan akan terus meningkat.

Baca Juga: Inovasi Keamanan BukuWarung Dukung Ekosistem Ekonomi Digital UMKM Indonesia

“Upaya mempercepat digitalisasi UMKM perlu terus dilakukan ke seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap roadshow ini memperkuat posisi BukuWarung sebagai aplikasi keuangan lengkap yang berkontribusi dalam mengakselerasi kesuksesan finansial UMKM dan memajukan ekonomi digital Indonesia,” tutur Romy.

Sesi presentasi ini diakhiri dengan komitmen BukuWarung untuk terus meningkatkan kualitas aplikasi serta mengumumkan berbagai program dan promosi agar penggunanya semakin yakin melangkah untuk berproses mengejar keuntungan. Hingga saat ini, BukuWarung telah dipercaya oleh lebih dari 8 juta pengguna di Indonesia.

Solusi BukuWarung meliputi pembayaran digital, pencatatan keuangan digital, inventory digital, point-of-sales (POS) hingga Payment Point Online Banking (PPOB) seperti pembayaran tagihan dan penjualan pulsa.

Tentang BukuWarung

Berdiri sejak 2019, BukuWarung telah digunakan lebih dari 8 juta pelaku UMKM di Indonesia. Diawali dengan sebuah aplikasi pembukuan, sekarang BukuWarung, bekerja sama dengan pihak ketiga, telah menjadi platform Aplikasi Keuangan Lengkap untuk UMKM dengan adanya solusi pembayaran, pembiayaan dan commerce, meliputi solusi Tagih & Bayar untuk pembayaran dari pelanggan ke merchant,

Agen Produk Digital (Pulsa, Token, BPJS, dll), Solusi Modal Usaha, Talangin Dulu untuk Supplier – Merchant, Akses ke komunitas UMKM dan QRIS yang Mudah, Cepat & Praktis. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *