Kejahatan Siber Marak, BukaWarung Berbagi Tips Hindari Penipuan

  • Whatsapp
Vice President of Operations BukuWarung Romy Williams. (Foto: BukuWarung)

BacaJogja – Digitalisasi menyederhanakan banyak hal, termasuk membantu para pelaku UMKM dalam kegiatan operasional sehari-hari. Namun seiring dengan meningkatnya digitalisasi di sektor jasa keuangan, saat ini jenis penipuan online dan kejahatan siber yang menargetkan pelaku usaha pun berpotensi semakin meningkat.

Mereka mengincar data pribadi perbankan pelaku usaha untuk mengambil alih dan menguras uang dari akun rekening. Bahkan ada yang sengaja memanfaatkan kelalaian pelaku usaha dalam bertransaksi digital. Masalah ini diperparah dengan masih sangat sedikit masyarakat Indonesia yang menyadari tindakan penipuan dengan skema tersebut.

Read More

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Ke-3, Pengguna BukuWarung Lebih 8 Juta

Vice President of Operations BukuWarung Romy Williams menyatakan, Forum Ekonomi Dunia memperkirakan bahwa hanya 0,05 persen dari semua kejahatan online yang dilaporkan. “Inilah yang membuat penipuan online semakin merajalela,” katanya dalam siaran pers, Senin, 3 Oktober 2022.

Modus Penipuan yang Kerap Terjadi

Adapun modus-modus penipuan yang biasanya terjadi:
1. Iklan di media sosial/website ataupun pesan melalui telepon/WhatsApp (bukan melalui aplikasi) yang seolah-olah resmi dari perusahaan penyedia jasa keuangan.

Baca Juga: Inovasi Keamanan BukuWarung Dukung Ekosistem Ekonomi Digital UMKM Indonesia

2. Penipu biasanya mengiming-imingi korban dengan penawaran menarik seperti “bebas biaya admin”, “menangkan hadiah/undian” atau bahkan pemberian “bukti pembayaran palsu” dari pembeli kepada penjual.
3. Seringkali penipu memburu-buru, mendesak bahkan memaksa korban agar segera mengklik tautan, mengisi dokumen ataupun memberikan OTP, username, password, PIN, dan data pribadi penting lainnya seperti Nama Ibu Kandung dan KCP Pembuatan Akun Bank.

Terkait hal itu, BukuWarung mengajak seluruh pelaku UMKM untuk cermat dalam mengenali modus-modus kejahatan siber, agar tidak tertipu. Seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial dan layanan pembayaran digital oleh pelaku usaha di Indonesia, diikuti juga dengan meningkatnya potensi penipuan online melalui dua layanan tersebut.

Baca Juga: Kisah Sukses Pelaku UMKM Perempuan Mengelola Keuangan Pakai BukuWarung

“Kami meminta pelaku usaha untuk lebih berhati-hati terhadap modus-modus penipuan yang menargetkan mereka. BukuWarung berkomitmen untuk terus meningkatkan edukasi perlindungan konsumen kepada pengguna serta menciptakan platform yang aman melalui teknologi,” kata Romy Williams.

Menurut dia, BukuWarung merupakan platform keuangan all-in-one untuk UMKM terkemuka di Indonesia ini juga telah menyediakan fitur Verifikasi Akun yang dilengkapi teknologi biometrik terkini. Verifikasi ini dilaksanakan oleh VIDA, yang telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Tips Hindari Penipuan

BukuWarung berbagi tips untuk menjaga usaha dari penipuan. Berikut langkah-langkah:
1. STOP: Jika Anda menerima permintaan untuk melakukan pembayaran atau memberikan informasi keuangan, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan berpikir terlebih dahulu.

jangan beri OTP
Jangan memberi kode OTP, password, PIN akun bank, dan data pribadi apapun yang bersifat rahasia. (Grafis: BukuWarung)

Selalu jaga kerahasiaan dan keamanan data dengan tidak memberikan informasi data pribadi kepada siapa pun. BukuWarung TIDAK pernah meminta kode OTP, password, PIN akun bank, dan data pribadi apapun yang bersifat rahasia.

Baca Juga: Start-Up BukuWarung Dukung UMKM Yogyakarta Go Digital, Ini Keunggulannya

2. PERIKSA DULU: Mungkinkah penawaran atau pembayaran ini palsu? Verifikasi langsung semua penawaran ataupun pembayaran dengan perusahaan penyedia jasa keuangan melalui akun media sosial, website atau nomor telepon resmi yang dikenal terlebih dahulu.

Berhati-hati atas akun-akun media sosial, website dan nomor telepon palsu yang melakukan pencatutan nama dan logo perusahaan resmi. Cek akun, website dan nomor telepon resmi BukuWarung di link ini.

3. JAGA BERSAMA:
1. Cek Push Notification dari BukuWarung untuk mengetahui transaksi sukses yang valid.
2. Waspadalah terhadap pembayaran palsu, periksa kembali dengan cermat.
3. Lakukan rekonsiliasi harian Anda untuk memastikan penghasilan yang Anda diterima.

Baca Juga: Anda Merasa Berhak, tapi Tak Dapat Bansos? Ini Cara Mengadu!

4. Kunjungi menu Pusat Bantuan di aplikasi BukuWarung atau email ke support@bukuwarung.com jika menemukan akun media sosial/website/nomor telepon palsu atau apabila Anda telah menjadi korban penipuan.

Pengguna BukuWarung dapat mengunjungi halaman web #JagaBersama untuk mempelajari lebih lanjut terkait informasi keamanan digital yang merupakan tanggung jawab bersama.

jaga kebersamaan
JagaBersama Keamanan Kita dengan Atasi Kendala di Pusat Bantuan. (Grafis: BukuWarung)

Tentang BukuWarung

Berdiri sejak 2019, BukuWarung telah digunakan lebih dari 8 juta pelaku UMKM di Indonesia. Diawali dengan sebuah aplikasi pembukuan, sekarang BukuWarung, bekerja sama dengan pihak ketiga, telah menjadi platform bagi UMKM dengan adanya solusi pembayaran, pembiayaan dan commerce, hanya dengan 1 aplikasi (all-in-one UMKM app); meliputi solusi Tagih & Bayar untuk pembayaran dari pelanggan ke merchant, Agen Produk Digital (Pulsa, Token, BPJS, dll), Solusi Modal Usaha, Talangin Dulu untuk Supplier – Merchant, Akses ke komunitas UMKM dan QRIS yang Mudah, Cepat & Praktis).

BukuWarung didukung oleh venture capitalist (VC) global ternama: Valar Ventures, Goodwater Capital, Y-Combinator, AC Ventures, Quona Capital, East Ventures, Golden Gate Ventures, Rocketship.vc, Tanglin Venture Partners, dan angel inventor strategis lainnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *