Operasi Zebra Progo 2022 di Bantul, Porsi Tilang Hanya 20 Persen

  • Whatsapp
gelar pasukan bantul
Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Progo 2022 di Aula Wira Pratama Mapolres Bantul, Senin, 3 Oktober 2022. (Foto: Dok. Polres Bantul)

BacaJogja – Polres Bantul siap menggelar Operasi Zebra Progo 2022 selama 14 hari ke depan. Sebanyak 150 personel dilibatkan dalam operasi tertib berlalu lintas yang berlaku Senin, 3 Oktober hingga Minggu 20 Oktober 2022.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan, operasi dengan sandi Zebra Progo 2022 ini melibatkan sebanyak 150 personel serta mengedepankan Fungsi Lalu Lintas. Konsep pelaksanaan operasi mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis. Selain itu juga didukung dengan penegakan hukum atau gakkum secara tilang elektronik dan teguran simpatik.

Read More

Baca Juga: Operasi Zebra Progo 2022 Dimulai, Simak 6 Titik Lokasi ETLE di Yogyakarta

Dia mengatakan, untuk penegakan hukum porsinya sangat kecil yaitu 20 persen. “Itu pun hanya untuk pelanggaran kasat mata yang dapat menyebabkannya terganggunya keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas,” ujarnya usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Progo 2022 di Aula Wira Pratama Mapolres Bantul, Senin, 3 Oktober 2022.

Menuru Ihsan, tujuan operasi ini agar masyarakat meningkat kesadarannya dan kepatuhannya dalam berlalu-lintas. “Kemudian yang kedua tentunya kami ingin meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri,” ungkapnya.

Baca Juga: Operasi Zebra 3-16 Oktober 2022, Polisi Tegaskan Tilang Bukan Target

Sebelumnya, Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar menekankan kepada seluruh personil yang terlibat untuk mempedomani Instruksi Mendagri Nomor 29 Tahun 2022 dan ketentuan hukum lainnya yang mengatur tentang pencegahan Covid-19 dengan bersinergi lintas sektoral lainnya.

Dia berpesan kepada personel dalam menjalankan tugas secara profesional dan humanis serta hindari tindakan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri. “Lakukan inovasi pencegahan Covid-19 yang disesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing,” pesannya.

Baca Juga: Operasi Zebra 2022 Pakai Tilang ETLE, Ini Daftar Lokasinya di Yogyakarta

Jumlah personel dalam Operasi Zebra Progo 2022 di DIY ini melibatkan 980 personel Polda DIY dan Jajaran. Ada tujuh prioritas penegakan hukum yang akan menjadi fokus pada operasi Operasi Zebra Progo 2022. Berikut rinciannya:
1. Berkendara sambil main HP
2. Pengemudi dibawah umur
3. Berbonceng lebih dari 1 orang
4. Tidak menggunakan helm SNI
5. Mengemudi dalam pengaruh alkohol
6. Melawan arus
7. Pengemudi kendaraan roda empat tidak menggunakan safety belt []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *